Ketika Georgia Kalahkan Inspirasi Mereka, Cristiano Ronaldo

Ronaldo punya andil untuk sepak bola Georgia

Intinya Sih...

  • Portugal kalah 2-0 dari Georgia di Euro 2024.
  • Ronaldo terlibat dalam peresmian akademi sepak bola di Georgia pada 2013.
  • Georgia berhasil mengalahkan Portugal setelah bertemu Ronaldo dan mencetak sejarah di Euro 2024.

Jakarta, IDN Times - Dalam laga terakhir fase grup Euro 2024, Kamis (27/6/2024), Portugal tumbang di tangan Georgia dengan skor 2-0. Di balik kekalahan Seleccao das Quinas ini, ternyata ada andil Cristiano Ronaldo selaku bintang mereka.

Dalam laga yang dihelat di Veltins Arena itu, Khvicha Kvaratskhelia dan Georges Mikautadze jadi pahlawan kemenangan Georgia atas Portugal. Rupanya, dua pemain ini punya ikatan erat dengan Ronaldo. Semua bermula pada 2013.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Georgia Jungkalkan Portugal

1. Andil Ronaldo dalam kebangkitan sepak bola Georgia

Ketika Georgia Kalahkan Inspirasi Mereka, Cristiano RonaldoInstagram: @cristiano

Pada 2013, Ronaldo terlibat dalam peresmian sebuah akademi sepak bola di Georgia, yaitu FC Dinamo Tbilisi Academy. Ketika itu, ada banyak cikal bakal pemain Timnas Georgia yang hadir dalam peresmian itu.

Dilansir 433, total ada 11 pemain di skuad Georgia untuk Euro 2024 ini, yang hadir dalam pembukaan tersebut. Salah satunya adalah Kvaratskhelia, yang jadi pencetak gol Georgia di laga lawan Portugal, Kamis (27/6/2024).

Siapa sangka, pada akhirnya Georgia mampu mengalahkan Ronaldo yang merupakan sosok inspirasi mereka. Hal itu membawa mereka melaju jauh di Euro 2024 ini.

Baca Juga: Georgia Lolos ke Fase Gugur, Dampingi Portugal dan Turki

2. Georgia sekarang jadi tim kuat

Ketika Georgia Kalahkan Inspirasi Mereka, Cristiano RonaldoPotret duel Georgia vs Portugal di laga pamungkas Grup F Euro 2024, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. (uefa.com).

Dilansir ESPN FC, Kvaratskhelia ternyata sempat bertemu Ronaldo jelang laga Portugal lawan Georgia ini. Dalam pertemuan itu, mereka membicarakan banyak hal, termasuk soal kebangkitan sepak bola Georgia.

"Tak ada yang percaya kami bisa mengalahkan Portugal, tetapi itulah yang terjadi. Kami sudah membuktikan diri bahwa sekarang kami kuat. Saya sempat bicara dengan Ronaldo sebelum laga, dan kami sukses mengalahkannya," kata Kvaratskhelia.

Baca Juga: Kejutan, Portugal Dipecundangi Georgia

3. Georgia catat sejarah di Euro 2024

Ketika Georgia Kalahkan Inspirasi Mereka, Cristiano RonaldoWinger andalan Georgia, Khvicha Kvaratskhelia, usai cetak gol ke gawang Portugal (X @EURO2024)

Berkat kemenangan atas Portugal ini, Georgia kembali catatkan sejarah. Setelah memastikan diri lolos ke Euro untuk pertama kalinya, sekarang mereka juga menorehkan tinta emas dengan lolos ke fase gugur Euro untuk pertama kalinya.

Banyak yang menyebut, Georgia berpotensi menyamai catatan Yunani di Euro 2004, karena sama-sama mengalahkan Portugal di babak grup. Namun, perlu diingat, kebangkitan sepak bola mereka tak akan terjadi tanpa andil Cristiano Ronaldo.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya