Kenapa Wataru Endo Bak Petarung MMA Saat Bela Liverpool?

Wataru Endo punya kebiasaan unik rupanya

Jakarta, IDN Times - Setiap pemain lazimnya punya kebiasaan unik jelang melakoni sebuah laga, tak terkecuali Wataru Endo. Penggawa Liverpool itu punya kebiasaan bak petarung Mixed Martial Arts (MMA) saat akan turun gelanggang.

Rupanya, Endo kerap menggunakan pelindung gigi (gumshield) setiap kali berlaga. Nah, apa alasan dari penggawa Timnas Jepang itu mengenakan pelindung gigi setiap kali akan berlaga?

Baca Juga: Liverpool Mulai Temukan Petarung Dalam Diri Wataru Endo

1. Kebiasaan yang sudah terjalin sejak di Stuttgart

Kenapa Wataru Endo Bak Petarung MMA Saat Bela Liverpool?Liverpool Vs Fulham: Comeback, The Reds Menang 4-3

Dilansir situs resmi Liverpool, Endo mengatakan, kebiasaannya menggunakan pelindung gigi ini sudah dilakukan sejak membela VfB Stuttgart di Bundesliga. Dia melakukannya setelah mendapatkan saran dari dokter gigi asal Jepang.

"Ketika saya main di Jerman, saya bertemu dengan dokter gigi asal Jepang. Dia memberi tahu saya bahwa pelindung gigi bagus buat saya, karena bisa memberi perbedaan pada penampilan saya di lapangan," kata Endo.

Baca Juga: 4 Klub yang Pernah Dibela Wataru Endo sebelum Liverpool

2. Membuat Endo laiknya petarung MMA

Kenapa Wataru Endo Bak Petarung MMA Saat Bela Liverpool?Wataru Endo (instagram.com/endowataru)

Mengikuti saran sang dokter, Endo pun mulai memakai pelindung gigi setiap kali akan berlaga. Ternyata, yang diucapkan sang dokter itu benar. Endo seolah memasuki mode bertanding setiap mengenakan pelindung gigi tersebut.

"Sekarang, memakai pelindung gigi sudah seperti kebiasaan. Saat bertanding, saya menggunakan pelindung gigi tersebut dan tampak seperti petarung MMA. Ketika menggunakan itu, berarti saya sudah masuk mode bertanding," ujar Endo.

Baca Juga: 4 Pewaris Terakhir Nomor Punggung 3 di Liverpool sebelum Wataru Endo

3. Kunci dari performa apik Endo

Kenapa Wataru Endo Bak Petarung MMA Saat Bela Liverpool?Wataru Endo (liverpoolfc.com)

Buntut dari pelindung gigi ini, tentu berbalut kerja keras yang Endo lakukan. Pemain asal Jepang itu mulai jadi sosok kunci di lini tengah Liverpool. Dia bahkan tampil sebagai starting XI dalam tujuh laga terakhir 'Si Merah', termasuk di laga Boxing Day.

Penampilan Wataru Endo pun mendapatkan pujian dari sang manajer, Juergen Klopp. Dengan dukungan dari pelindung gigi, dia akhirnya menemukan tempatnya di Liverpool, sebagai petarung MMA 'Si Merah' di lini tengah.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya