Kemenkumham Dukung Penuh Program Naturalisasi PSSI

Naturalisasi untuk kebaikan Timnas Indonesia

Intinya Sih...

  • Menteri Hukum dukung naturalisasi demi Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026
  • Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, tegaskan naturalisasi untuk memperbaiki prestasi Timnas
  • Rapat di DPR setujui naturalisasi dua pemain asing untuk Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Supratman Andi Agtas, menyatakan pihaknya memberikan dukungan untuk program naturalisasi yang dilakukan PSSI. Semua itu demi Timnas Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan dukungan yang diberikan oleh Kemenkumham terkait naturalisasi ini, akan bisa memberikan kontribusi nyata dalam upaya meloloskan Timnas ke Piala Dunia 2026,” ujar Supratman di Kemenkumham, Kamis (19/9/2024).

1. Upaya untuk memperbaiki Timnas

Kemenkumham Dukung Penuh Program Naturalisasi PSSIKetum PSSI, Erick Thohir jumpa Menkumham Supratman Andi Agtas. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan program naturalisasi menjadi bagian untuk memperbaiki prestasi Timnas. Cara ini masih masuk dalam taraf yang terhormat.

Dia juga menekankan, bukan hanya Indonesia yang melakukan naturalisasi. Erick Thohir merujuk pada Timnas lain yang juga melakukan naturalisasi seperti Belanda, Spanyol, dan Prancis.

"Semua terbuka. Saya dan pak menteri fokusnya sama talenta terbaik, pilihannya adalah pemain yang punya darah Indonesia," jelas Erick.

Baca Juga: DPR Kritik Naturalisasi, PSSI Seret Diego Costa

2. PSSI tetap memerhatikan pembinaan

Kemenkumham Dukung Penuh Program Naturalisasi PSSITimnas U-19 lawan Filipina di Piala AFF U-19 2024. (pssi.org)

Erick menekankan, langkah yang dilakukan PSSI tidak sebatas untuk program jangka pendek. Semua program tetap selaras dengan pembinaan pemain usia muda, dibuktikan dengan keberhasilan Timnas U-19 juara Piala AFF U-19 2024.

"Enggak ada program jangka pendek, semua berkesinambungan. Insya Allah ini bisa jadi percepatan prestasi kita," kata Erick.

3. Proses naturalisasi Eliano dan Hilgers disepakati DPR

Kemenkumham Dukung Penuh Program Naturalisasi PSSIDPR Restui Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bela Timnas Indonesia. (IDN Times/Tino Satrio)

Pada Selasa (17/9/2024), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, serta Agtas melakukan rapat di Komisi III DPR RI untuk naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers.

Hasilnya, DPR setuju agar kedua nama tersebut menjadi WNI. Surat Presiden (Surpres) untuk naturalisasi Eliano dan Hilgers juga sudah diterima. Selanjutnya, mereka tinggal menunggu Keppres dan melakoni pengambilan sumpah, didampingi PSSI.

Baca Juga: Soal Rencana Naturalisasi Mauro Zijlstra, PSSI Masih Bungkam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya