Kampung Batik Laweyan dan Kauman Dapat Berkah Piala Dunia U-17

Pengunjung di dua tempat itu meningkat

Jakarta, IDN Times - Kampung Batik Laweyan dan Kauman ikut mendapatkan berkah dari penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Solo. Dua destinasi wisata ini mengalami peningkatan pengunjung selama berlangsungnya ajang tersebut.

Ketua Paguyuban Kampung Batik Kauman, Gunawan Setiawan, menyebut adanya peningkatan jumlah kunjungan selama beberapa pekan terakhir. Beberapa pengunjung tersebut tak hanya berwisata di kawasan cagar budaya, tetapi juga berbelanja batik.

"Ada rombongan yang mampir ke tempat kami (Kampung Batik Kauman). Ada yang berfoto, berbelanja, hingga menyaksikan proses produksi batik," kata Gunawan dalam konferensi pers di Hotel Solia Zigna Kampung Batik, Selasa (21/11/2023).

1. Hal yang sama dirasakan Laweyan

Kampung Batik Laweyan dan Kauman Dapat Berkah Piala Dunia U-17instagram.com/laweyan.solo

Ketua Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan (FPKBL), Alpha Febela Priyatmono, menyambut positif penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Solo. Sebab, hajatan ini bisa membantu mengangkat potensi daerah, terutama kampung batik.

"Secara dampak, kami ikut merasakan. Kalau ada event-event di Solo, kami yang ada di Kampung Batik juga merasakan adanya dampak yang cukup positif. Kami berharap ke depannya bisa digalakkan lagi," ujar Alpha.

Baca Juga: Okupansi Hotel Surabaya Selama Piala Dunia U-17 Naik Tipis

2. Belum terdata peningkatannya

Kampung Batik Laweyan dan Kauman Dapat Berkah Piala Dunia U-17Kampung Wisata Batik Kauman (instagram.com/explorekampungbatikkauman)

Gunawan mengaku belum mendapatkan data secara utuh soal peningkatan jumlah kunjungan di Kampung Batik Kauman selama Piala Dunia U-17 2023. Namun, dia mendapati tamu-tamu asing dari berbagai negara yang berkunjung ke kampung ini.

"Dari yang saya lihat di Kampung Batik Kauman, ada kunjungan baik yang sifatnya resmi maupun tidak. Saya sempat bertanya, ternyata mereka ofisial. Seragam yang dipakai coraknya juga seperti logo Piala Dunia U-17 2023. Selain itu, ada juga beberapa orang Eropa, Afrika, Korea Selatan, Jepang, dan sebagainya," kata Gunawan.

3. Adanya kolaborasi antara lokal dan internasional

Kampung Batik Laweyan dan Kauman Dapat Berkah Piala Dunia U-17Suporter Indonesia yang mendukung Timnas Inggris saat berduel melawan Timnas Iran U-17 dalam laga Piala Dunia U-17 2023 di Stadion JIS, Jakarta, Selasa (14/11/2023). (IDN Times/Doni Hermawan)

Alpha menuturkan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 diharapkan bisa menggandeng wisata-wisata kreatif yang belakangan ini tengah populer di masyarakat. Sehingga, terjadi kolaborasi antara event internasional dengan budaya setempat.

"Yang tengah populer saat ini sebetulnya wisata kreatif. Sehingga, kalau ada event-event seperti ini dan digabungkan dengan budaya lokalnya, Insya Allah akan menjadi kolaborasi yang sangat baik. Ini yang kami harapkan untuk ke depannya," kata Alpha.

Solo via Stadion Manahan masih akan menggelar beberapa laga di Piala Dunia U-17 2023. Selain laga perempat final, semifinal dan final dipastikan bakal dihelat di kota ini.

Baca Juga: Daftar Top Skor Piala Dunia U-17 2023, Didominasi Brasil!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya