Kalah dari Irak, Posisi STY di Timnas Indonesia Masih Aman

PSSI sebut STY dikontrak sampai Juni

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan bahwa posisi Shin Tae Yong di Timnas Indonesia masih aman, kendati skuad Garuda kalah dari Irak pada Senin (15/1/2024) malam WIB. STY masih terikat kontrak sampai Juni 2024.

"Soal masa depan STY, saya dukung penuh dan sesuai kesepakatan, dia dikontrak sampai Juni 2024 dengan target-target lolos babak 16 besar (Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2023)," kata Erick di Jakarta, Senin (15/1/2024).

1. Ada potensi kontrak Shin diperpanjang

Kalah dari Irak, Posisi STY di Timnas Indonesia Masih AmanPotret Shin Tae Yong saat Timnas Indonesia melawan Iran, Selasa (9/1/2024). (pssi.org).

Lebih lanjut, Erick berujar bahwa ada potensi kontrak STY diperpanjang sampai 2027. Tentu, itu bisa terjadi jika sosok asal Korea Selatan itu mampu melebihi target yang dicanangkan federasi.

"Kalau salah satunya nanti misalnya tim U-23 kita lolos hingga perempat final, bukan tidak mungkin dia dapat perpanjangan kontrak sampai 2027, tetapi kembali sebagai Ketum PSSI saya harus profesional," kata Erick.

Baca Juga: Shin Tae Yong Jagokan Korea Selatan Jadi Juara Piala Asia 2023

2. Erick melihat cerahnya masa depan Timnas Indonesia

Kalah dari Irak, Posisi STY di Timnas Indonesia Masih AmanKetum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick berujar, untuk saat ini dia melihat masa depan Timnas Indonesia cerah. Pasalnya, di skuad Piala Asia 2023 ini, skuad Garuda diperkuat pemain-pemain yang masih bisa berkembang ke depannya.

"Kalau kita lihat masa depan Timnas Indonesia ini baik. Mayoritas kita lihat di babak pertama (lawan Irak) juga hanya Jordi Amat dan Yakob Sayuri yang di atas 24 tahun. Asnawi dan sisanya di bawah 24, jadi saya rasa kita coba tingkatkan," ujar Erick.

3. Awal buruk Indonesia di Piala Asia 2023

Kalah dari Irak, Posisi STY di Timnas Indonesia Masih AmanTimnas Indonesia lawan Irak di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Indonesia mengawali langkah mereka di Piala Asia 2023 dengan kekalahan. Bertemu Irak di Ahmed bin Ali Stadium, Senin (15/1/2024) malam WIB, Asnawi Mangkualam dan kolega kalah dengan skor 1-3.

Peluang Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sejatinya belum pupus setelah kekalahan ini. Mereka harus meraih hasil apik lawan Vietnam dan Jepang. Akankah STY bisa membawa anak-anak asuhnya bangkit di dua laga itu?

Baca Juga: Ketum PSSI: Tolong Pertahanannya Ya, Timnas Indonesia

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya