Jawaban Gak Lugas PSSI soal Isu Paspor Pemain Naturalisasi

PSSI heran isu ini bisa muncul

Intinya Sih...

  • Arya Sinulingga heran dengan isu pemain naturalisasi yang tidak mengembalikan paspor Belanda setelah dinaturalisasi.
  • Proses naturalisasi para pemain sudah melalui prosedur hukum dan perpindahan federasi dari negara asalnya ke Indonesia.
  • Semua pemain yang sudah dinaturalisasi memakai paspor Indonesia ketika masuk dan keluar dari Indonesia.

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, berkomentar soal isu pemain naturalisasi yang tidak mengembalikan paspor Belanda mereka usai dinaturalisasi. Dia pun heran dengan hadirnya isu ini.

Dalam keterangannya, Arya mengungkapkan proses naturalisasi para pemain ini sudah melalui prosedur hukum. Termasuk juga proses perpindahan federasi dari para pemain.

"Mereka sudah kami urus sesuai dengan hukum mendapatkan status warga negara. Kemudian, mereka juga kami bawa nih ke FIFA, pindah federasi dari negara asalnya menjadi federasinya Indonesia," kata Arya.

1. Memastikan semua pemain pakai paspor Indonesia

Jawaban Gak Lugas PSSI soal Isu Paspor Pemain NaturalisasiKiper Timnas Indonesia, Maarten Paes. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Arya juga memastikan, semua pemain yang sudah dinaturalisasi memakai paspor Indonesia ke manapun mereka pergi. Ketika masuk dan datang ke Indonesia, mereka menggunakan paspor Indonesia.

"Ada tadi bertanya mengenai paspornya. Dan yang pasti, ketika masuk, dia pakai paspornya Indonesia. Ketika keluar dari Indonesia, dia juga pakai paspornya Indonesia," kata Arya.

Baca Juga: PSSI Investigasi Fans Jebolan Nonton Timnas vs Australia

2. Kedubes Belanda pastikan naturalisasi berjalan sesuai aturan

Jawaban Gak Lugas PSSI soal Isu Paspor Pemain NaturalisasiPotret duel Timnas Indonesia vs Australia yang berakhir 0-0 di SUGBK, Selasa (10/9/2024). (IDN Times/Tata)

Sebelumnya, Kedutaan Besar (Kedubes) Belanda dalam keterangan resminya memastikan proses naturalisasi para pemain keturunan ini sesuai aturan. Mereka menjalin komunikasi dengan pihak berwenang di Indonesia dan PSSI terkait ini.

"Proses naturalisasi ini dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk memastikan berjalan semulus mungkin. Kami menyambut baik kerja sama yang semakin intensif antara PSSI dan KNVB," tulis keterangan resmi Kedubes Belanda.

Baca Juga: Usai Bela Timnas Indonesia, Jay Idzes Ditunggu AC Milan

3. Memanasnya isu pemain naturalisasi tak kembalikan paspor

Jawaban Gak Lugas PSSI soal Isu Paspor Pemain NaturalisasiPotret duel Timnas Indonesia vs Australia yang berakhir 0-0 di SUGBK, Selasa (10/9/2024). (IDN Times/Tata)

Media sosial diramaikan dengan kabar para pemain naturalisasi Timnas yang disebut belum mengembalikan paspor ke Kedubes Belanda untuk Indonesia setelah resmi menjadi WNI.

Akun Facebook Cocomeo News membagikan gambar berisi pernyataan yang menyebut ada 12 pemain naturalisasi yang tidak mengembalikan paspor ke Kedubes Belanda.

"Hanya Sandy Walsh yang balikin paspor Belanda. Sedangkan, 12 diaspora lainnya, tak balikin paspor Belandanya. Artinya apa?" tulis pernyataan dalam gambar yang dibagikan akun tersebut.

Situasi memanas tatkala eks Dubes RI untuk Polandia dan politikus Partai Nasdem, Peter Gontha, menyinggung soal paspor ini dalam unggahan di akun Instagramnya. Dia menyebut tahu soal isu paspor Belanda yang tak dikembalikan.

"Apakah Anda tahu, bahwa naturalisasi mereka hanya sementara. Karena mereka mempunyai dua paspor, nanti kalau sudah selesai main di Indonesia mereka akan buang status WNI mereka? (saya tahu)," cuit Peter.

4. Naturalisasi marak di era Erick Thohir

Jawaban Gak Lugas PSSI soal Isu Paspor Pemain NaturalisasiPotret duel Timnas Indonesia vs Australia yang berakhir 0-0 di SUGBK, Selasa (10/9/2024). (IDN Times/Tata)

Naturalisasi pemain keturunan telah menjadi bagian dari program PSSI sejak lama. Di era kepengurusan Erick Thohir, tercatat ada 13 pemain naturalisasi yang aktif membela Timnas Indonesia.

Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Nathan Tjoe-A-On, Rafael Struick, Ivar Jenner, Jordi Amat, Justin Hubner, Jay Idzes, Calvin Verdonk, Thom Haye, Shayne Pattynama, Maarten Paes, dan Ragnar Oratmangoen.

Tidak lupa, ada Jens Raven yang membela Timnas U-20. Selanjutnya, PSSI juga berencana melakukan proses naturalisasi untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Baca Juga: Janji Calvin Verdonk Saat Timnas Bersua Bahrain dan China 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya