Jangan Beri Timnas Ekspektasi Lebih di Piala Dunia U-17

Timnas U-17 jangan diberi tekanan

Jakarta, IDN Times - Pengamat sepak bola Indonesia, Kesit Budi Handoyo, mengajak masyarakat untuk menurunkan ekspektasi kepada Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Masyarakat harus lebih realistis kepada Timnas U-17.

"Saya harap masyarakat tidak memberikan beban terlalu tinggi (kepada Timnas U-17). Kita juga harus realistis juga, karena lawan yang dihadapi tidak mudah juga dan ini panggung perdana juga buat mereka," kata Kesit kepada para jurnalis.

1. Target lolos fase grup bisa jadi beban

Jangan Beri Timnas Ekspektasi Lebih di Piala Dunia U-17Timnas U-17 lawan Koln. (Dok. PSSI)

Kesit menyadari, target lolos fase grup Piala Dunia U-17 2023 jadi beban tersendiri bagi para pemain Timnas U-17. Dia pun mengajak publik untuk tidak terlalu membebani pemain dengan target tersebut.

"Memang suka tidak suka target itu (lolos fase grup Piala Dunia U-17 2023) menjadi beban yang menggelayuti para pemain. Saya pikir upakan saja target itu tunjukkan saja fighting spirit dan penampilan terbaik," kata Kesit.

Baca Juga: Pembukaan Piala Dunia U-17 Dijamin Aman dan Nyaman

2. Beri dukungan penuh untuk Timnas U-17

Jangan Beri Timnas Ekspektasi Lebih di Piala Dunia U-17Timnas U-17 berlatih di GBK jelang Piala Dunia U-17. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kesit mengatakan, rasa pesimis yang ada di benak masyarakat Indonesia adalah hal yang wajar. Namun, dia ingin masyarakat tidak terlalu fokus pada rasa pesimistis itu. Dia mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan.

"Justru yang paling penting bagi saya saat ini, kita memberikan dukungan yang penuh kepada pemain muda kita supaya pengalaman tampil di Piala Dunia (U-17 2023) ini bisa mereka manfaatkan dengan baik," kata Kesit.

3. Perjalanan Timnas U-17 di fase grup Piala Dunia U-17

Jangan Beri Timnas Ekspektasi Lebih di Piala Dunia U-17Timnas U-17 di Jerman. (Dok. PSSI)

Timnas U-17 akan memulai pertarungan mereka di Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November 2023. Bertempat di Gelora Bung Tomo, Surabaya, mereka akan bersua Ekuador.

Selepas melawan Ekuador, Timnas U-17 akan lanjut melawan Panama pada 13 November 2023. Perjalanan mereka di fase grup Piala Dunia U-17 di Surabaya akan tuntas pada 16 November 2023 lawan Maroko.

Baca Juga: Bali Jadi Tempat Favorit Kontestan Piala Dunia U-17

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya