Italia Tumbang dari Swiss di Euro 2024

Swiss menang 2-0

Jakarta, IDN Times - Italia tumbang dalam laga 16 besar Euro 2024 melawan Swiss. Bertanding di Olympiastadion Berlin, Sabtu (29/6/2024) malam, skuad Azzurri kalah 0-2 dari Granit Xhaka dan kawan-kawan.

Gol-gol di laga ini dicetak Remo Frueler (37') dan Ruben Vargas (46') untuk Swiss. Sang juara bertahan pun gagal melangkah jauh. Euro 2024 dipastikan akan menghadirkan juara baru.

Swiss langsung mengguncang pada awal-awal babak pertama. Sama seperti ketika menghadapi Jerman, mereka menerapkan pressing tinggi kepada para pemain Italia. Mereka berusaha menahan Italia dan membuat lawan tidak nyaman mengalirkan bola.

Upaya dari Swiss ini berhasil. Mereka menciptakan lebih banyak ancaman di depan gawang Italia. Namun, ancaman-ancaman tersebut belum membuahkan hasil hingga menit 20. Di sisi lain, Italia agak kesulitan keluar dari tekanan ini.

Belum adanya sosok yang bisa mengalirkan bola di lini tengah membuat distribusi bola Italia tidak berjalan lancar. Tak jarang Federico Chiesa harus turun menjemput bola hingga ke area tengah, menandakan aliran bola ke depan mampat.

Hanya beberapa kali Italia mampu menekan balik lewat dribel Chiesa atau tusukan-tusukan dari sisi sayap. Tidak ada serangan terstruktur yang mereka lakukan. Main direct pun tak ada yang bisa mengalirkan bola dengan baik.

Italia akhirnya tertinggal dahulu di laga ini. Swiss menekan Italia dari sisi kanan pertahanan mereka pada menit 37. Ruben Vargas menggiring bola, mengirimkan bola ke kotak penalti. Remo Freuler lalu menerima bola.

Lewat sentuhan pertama, Freuler menempatkan bola di kaki kirinya, lalu langsung menyepak bola. Sontekan itu membobol gawang Italia. Freuler membawa Swiss unggul 1-0 untuk sementara.

Pada sisa waktu babak pertama, Italia belum juga keluar dari tekanan. Swiss, di sisi lain, nyaman dengan permainan simpel. Koneksi apik ditunjukkan Granit Xhaka dan kawan-kawan di laga ini.

Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Swiss 1-0. Italia dibuat tidak berkutik sama sekali oleh mereka. Pada babak kedua, Swiss tambah tidak memberikan Italia waktu untuk bernapas.

Pada menit 46, diawali serangan dari sisi kanan pertahanan Italia, Michel Aebischer mengirim umpan matang ke kotak penalti. Bola diterima Ruben Vargas. Sang pemberi assist gol pertama Swiss itu hampir tanpa pengawalan.

Ruben Vargas menerima bola di kotak penalti. Ia melesakkan bola ke gawang Italia. Skor menjadi 2-0. Swiss menggandakan keunggulan mereka.

Tertinggal dua angka, Italia langsung melakukan beberapa perubahan dengan memasukkan Mateo Retegui, Lorenzo Pellegrini, dan Mattia Zaccagni. Swiss merespons dengan memasukkan Steven Zuber dan Leonidas Stergiou.

Meski sudah memasukkan beberapa nama baru, Italia masih kesulitan menembus pertahanan Swiss. Beberapa kali mereka sempat mengancam, tetapi sontekan dari para pemain Italia belum bisa menembus gawang Yann Sommer.

Sedangkan, Swiss memilih untuk bermain lebih tenang, terutama memasuki pertengahan babak kedua. Mereka tidak lagi kelewat agresif. Mereka menahan dan menjaga aliran bola agar tidak mudah terebut pemain Italia.

Sedikit berbeda dengan babak pertama, Italia lebih aktif pada babak kedua ini. Mereka berani mengalirkan bola dan mencoba menekan Swiss dengan kombinasi-kombinasi. Umpan-umpan terobosan mereka juga lebih terlihat pada babak kedua ini.

Namun, Swiss mampu mengadang semua serangan-serangan Italia yang sejatinya masih tidak terstruktur. Malah, mereka beberapa kali melancarkan serangan balik berbahaya. Sayangnya, upaya itu tidak berujung gol.

Pada sisa waktu babak kedua, Italia masih terus mencoba mencari gol. Setidaknya untuk memperkecil ketertinggalan. Namun, upaya mereka gagal. Skor 2-0 untuk Swiss bertahan hingga laga tuntas, menggugurkan Azzurri di Euro 2024.

Baca Juga: Ruben Vargas Bawa Swiss Sengat Italia pada Awal Babak Kedua

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya