Isu Mafia Wasit di Liga 2 dan 3, Ini Kata Komite Wasit PSSI

Bukan soal mafia, hanya kesalahan teknis saja

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Wasit PSSI, Purwanto dan Jimmy Napitupulu, berkomentar mengenai isu mafia wasit yang ada di Liga 2 dan Liga 3. Mereka pun menampik adanya mafia-mafia tersebut.

"Ya enggak lah (ada mafia di Liga 2 dan Liga 3). Adanya kesalahan teknis saja. Saya selalu positive thinking dengan siapa pun itu," kata Purwanto di Gedung Telkom, Senin (20/11/2023).

Baca Juga: Kecewa Dirugikan Wasit di Padang, PSPS akan Surati PSSI

1. Isu mafia wasit selalu berkembang jelang akhir musim

Isu Mafia Wasit di Liga 2 dan 3, Ini Kata Komite Wasit PSSIIlustrasi wasit keempat dalam pertandingan sepak bola (unsplash.com/Homer Lopez)

Jimmy berujar, isu mafia wasit ini memang selalu jadi sesuatu yang berkembang jelang akhir musim. Menurutnya, hal ini hanya jadi sebatas isu sampai ada bukti empiris yang membenarkan itu.

"Kita gak bisa membuktikan bahwa dia bermain. Harus ada bukti nyata. Sulit. Nah, ini semua kan contoh dari offside, offside tipis-tipis kan, kecuali offside tiga meter," kata Jimmy.

2. Kesalahan wasit Liga 2 dan Liga 3 jadi bahan evaluasi

Isu Mafia Wasit di Liga 2 dan 3, Ini Kata Komite Wasit PSSIPSSI gelar seleksi wasit untuk Liga 1 musim 2023/24. (Dok. PSSI)

Mengenai kesalahan-kesalahan wasit saat memimpin laga Liga 2 dan Liga 3, Jimmy berujar bahwa itu jadi bahan evaluasi bagi Komite Wasit PSSI. Mereka pun tak akan tinggal diam dan membiarkan isu ini jadi bumerang.

"Masuk evaluasi, masuk pembinaan dulu. Masak langsung. Enggak boleh tugas dulu. Jadi tim itu kan mencari fair-nya. Seperti kalau ditanya offside tidak. Kalau iya jawab iya kalau tidak ya tidak," kata Jimmy.

3. Komite Wasit PSSI fokus pada pengembangan wasit

Isu Mafia Wasit di Liga 2 dan 3, Ini Kata Komite Wasit PSSIWakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa, berkata bahwa dia ingin fokus pada pengembangan wasit. Pengembangan itu, nantinya tidak akan melibatkan wasit saja, tetapi beberapa pihak macam pelatih dan instruktur wasit juga.

"Saya bersama PSSI ingin membuat program pengembangan untuk wasit, asisten wasit, dan juga instruktur bagi wasit, yang akhirnya dapat menunjang performa wasit di Indonesia, termasuk wasit Liga 2 dan Liga 3," ujar Ogawa.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya