Irak yang Tak Lagi Pandang Timnas Indonesia Sebelah Mata

Irak tak lagi anggap Timnas Indonesia sebelah mata

Intinya Sih...

  • Irak tidak lagi meremehkan Timnas Indonesia setelah datang lebih awal ke Tanah Air
  • Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menilai peringkat FIFA tidak berpengaruh terhadap performa Timnas Indonesia
  • Erick menargetkan Timnas Indonesia mendapatkan tiga poin dari dua laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk lolos ke babak ketiga dan Piala Asia 2027

Jakarta, IDN Times - Irak sempat mengalahkan Timnas Indonesia dalam dua kesempatan, yakni saat laga perdana babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023. Namun, sekarang situasinya sudah berbeda.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menilai, Irak tidak lagi meremehkan Indonesia. Salah satu buktinya, mereka datang lebih awal ke Tanah Air jelang laga kelima babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Irak juga sudah tidak memandang lagi negara kita sebelah mata. Terbukti, mereka langsung mencarter pesawat dari negara mereka langsung ke Indonesia. Mereka sudah melihat kekhususan Indonesia," ujar Erick di Jakarta, Minggu (2/6/2024).

Baca Juga: Misi Balas Dendam Timnas ke Irak di SUGBK

1. Peringkat FIFA sudah tidak berpengaruh

Irak yang Tak Lagi Pandang Timnas Indonesia Sebelah MataTimnas Indonesia menghadapi Irak. (Dok. PSSI)

Erick menyebut, peringkat FIFA kadang tidak berpengaruh jika melihat performa Timnas Indonesia. Seperti ketika melawan Tanzania, ketika ada beda peringkat, skuad Garuda tetap bisa memberikan perlawanan.

"Kadang-kadang kita lupa kita peringkat 134, jadi kadang-kadang seperti lawan Tanzania ini yang peringkat 119, secara permainan kita lebih baik. Ya, sayang tidak bisa membuat gol saja," kata Erick.

Baca Juga: Jay Idzes Absen Bela Timnas vs Irak, Tiga Pemain Lain Menyusul

2. Irak menganggap Indonesia serius

Irak yang Tak Lagi Pandang Timnas Indonesia Sebelah MataPotret latihan Timnas Indonesia di Senayan, Selasa (28/5/2024). (IDN Times/Tino).

Dengan datangnya Irak lebih awal ke Indonesia, mereka tahu bahwa skuad Garuda serius mempersiapkan laga lawan mereka. Alhasil, Irak pun tidak ingin kalah serius dan tiba di Tanah Air pada Minggu (2/6/2024).

"Irak sudah memperhitungkan semuanya, termasuk menjaga kondisi dengan pesawat carter, karena mereka tahu Indoensia serius dan mereka tidak lagi memandang Indonesia sebelah mata," kata Erick.

Baca Juga: DPR Terima Surpres Calvin Verdonk, Bisa Main Lawan Irak?

3. Targetkan tiga poin di dua laga sisa kualifikasi

Irak yang Tak Lagi Pandang Timnas Indonesia Sebelah MataTimnas Indonesia kalahkan Vietnam 1-0 di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Erick menargetkan Timnas Indonesia bisa mendapatkan tiga poin dari dua laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026. Jika bisa menang entah di laga lawan Irak atau Filipina, mereka dipastikan lolos ke babak ketiga dan Piala Asia 2027.

"Cita-cita kita lawan Irak, lawan Filipina kita harus dapet poin paling enggak tiga (di antara dua laga itu), supaya kita bisa langsung ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, masuk 18 besar negara Asia. Saya yakin Timnas Indonesia bisa," ujar Erick.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya