Inggris Masih Melempem, Foden Pasang Badan Buat Southgate

Inggris masih limbung di Euro 2024

Intinya Sih...

  • Performa buruk Inggris di Euro 2024 bukan hanya kesalahan manajer Gareth Southgate, tapi juga para pemain yang kurang kohesif.
  • Phil Foden menilai kurangnya pemimpin di tim menjadi faktor utama kebuntuan Inggris di lapangan selama Euro 2024.
  • Inggris akan melawan Swiss di perempat final, Foden berharap para pemain bisa menyatu kembali untuk bermain lebih fleksibel dan tidak terhenti oleh kebuntuan.

Jakarta, IDN Times - Penggawa Inggris, Phil Foden, angkat bicara mengenai buruknya performa skuad Tiga Singa di Euro 2024 sejauh ini. Menurutnya, kesalahan tak hanya jadi milik manajer Gareth Southgate semata.

"Saya agak kasihan pada Gareth. Saya rasa, dia tidak pantas disalahkan, karena saat latihan sudah meminta kami untuk bermain menekan dan agresif," ujar Foden, dilansir Irish Examiner.

1. Pemain juga tak lepas dari kesalahan

Inggris Masih Melempem, Foden Pasang Badan Buat SouthgatePhil Foden (uefa.com)

Foden mengakui buruknya performa Inggris ini juga tak lepas dari kesalahan para pemain. Dia melihat, saat ini kohesi antar pemain di skuad Inggris begitu buruk. Mereka tak bisa bekerja sama ketika Inggris berada dalam kebuntuan.

"Saya rasa para pemain juga layak disalahkan. Sebab, terkadang kami tidak bisa menemukan solusi bersama di atas lapangan ketika ada kebuntuan," kata Foden.

Baca Juga: Timnas Inggris dan Arogansi Jargon "It's Coming Home"

2. Inggris kehilangan pemimpin

Inggris Masih Melempem, Foden Pasang Badan Buat Southgatepotret Harry Kane saat bermain untuk Inggris (englandfootball.com)

Foden melihat Inggris tidak memiliki pemimpin di Euro 2024. Mereka tak punya tokoh yang mampu menyatukan semua pemikiran pemain Timnas, jadi satu solusi ketika tim buntu di tengah permainan.

"Kami tidak punya pemimpin yang bisa menyatukan tim, dan menemukan solusi ketika ada buntu dalam permainan. Sebab, pada akhirnya pelatih tak bisa ikut serta dalam permainan di atas lapangan," kata Foden.

3. Inggris akan bersua Swiss

Inggris Masih Melempem, Foden Pasang Badan Buat SouthgateJude Bellingham (tengah) saat lakukan tendangan voli ke arah gawang Slovakia di Euro 2024. (instagram.com/england)

Inggris bakal melanjutkan perjalanannya di Euro 2024 dengan melawan Swiss di perempat final. Kualitas dari skuad asuhan Murat Yakin ini tak bisa dipandang sebelah mata, karena baru saja menumbangkan Italia di babak 16 besar.

Foden pun mengingatkan agar para pemain Inggris bisa segera menyatu kembali. Jika sudah tercipta kohesi, mereka pun bisa bermain lebih fleksibel dan tidak terhenti oleh kebuntuan.

"Kami, para pemain Inggris, sudah bicara satu sama lain. Ketika ada kebuntuan yang terjadi lagi dalam pertandingan Euro 2024, kami harus menemukan solusi bersama dan lebih fleksibel. Jadi, tidak cuma menyalahkan Southgate," ujar Foden.

Baca Juga: Phil Foden Tinggalkan Inggris Demi Dampingi Kekasih Lahiran

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya