Indonesia Berpeluang Turunkan Timnas U-20 di Piala AFF 2024

Piala AFF sudah tak penting bagi Indonesia

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berkata bahwa Timnas Indonesia berpeluang menurunkan tim U-20 di Piala AFF 2024. Dia berujar, ajang itu sudah tidak lagi jadi prioritas bagi skuad Garuda.

"Kami akan memberikan kesempatan regenerasi Timnas kita (di Piala AFF 2024). Ya mungkin besok bisa dilihat seperti apa. Mungkin juga (kami memainkan) Timnas U-20, bahkan sekaligus nanti persiapan buat SEA Games," ujar Erick di Menara Danareksa, Kamis (20/6/2024).

1. Tak khawatir jika lawan turunkan tim senior

Indonesia Berpeluang Turunkan Timnas U-20 di Piala AFF 2024Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, di SUGBK. (IDN Times/Naufal Fathahillah)

Erick mengungkapkan, tak khawatir jika lawan-lawan Timnas Indonesia nanti menurunkan skuad senior di Piala AFF. Dia berujar, dengan kualitas skuad Timnas sekarang yang sudah berpengalaman di usia muda, faktor umur tak lagi jadi penentu.

"Kalau di AFF nanti lawan kita mengeluarkan tim seniornya tidak apa-apa. Toh selama ini tim senior kita pun mayoritas generasinya di bawah 25 tahun," ujar Erick.

Baca Juga: LIB Pastikan Piala Presiden 2024 Gagal Digelar: Tak Ada Stadion

2. Upaya mengorbitkan lebih banyak talenta ke Timnas

Indonesia Berpeluang Turunkan Timnas U-20 di Piala AFF 2024Pesepak bola Tim Nasional Indonesia Ragnar Oratmangoen (kanan) berusaha menembakkan bola ke arah gawang Tim Nasional Filipina dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Erick berujar, peluang memainkan tim U-20 di Piala AFF 2024 nanti tak lepas dari upaya PSSI mengorbitkan banyak talenta ke Timnas Indonesia. Sehingga, para pemain yang ada di tim senior tak perlu turun lagi ke level U-23 atau U-20.

"Kami mau dorong semakin banyak talenta yang ditargetkan. Kalau bisa ada 150 talenta ya itu yang kami mau dorong. Biarkan pemain yang sudah baik ya tidak turun lagi biar main di atas seperti senior gitu," kata Erick.

3. Kapan Piala AFF 2024 digelar?

Indonesia Berpeluang Turunkan Timnas U-20 di Piala AFF 2024Pemain Timnas Indonesia, Thom Haye melakukan selebrasi usai membobol gawang Filipina. (ANTARA FOTO)

Menurut rencana, Piala AFF 2024 akan dihelat pada 23 November sampai 21 Desember. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Myanmar, Laos, Vietnam, dan Filipina.

Timnas Indonesia sendiri memang harus putar otak jelang Piala AFF 2024 ini. Sebab, waktu pelaksanaan ajang ini hanya selang seminggu dari matchday enam babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bisa jadi, PSSI benar-benar akan menurunkan timnas U-20.

Baca Juga: 6 Pemain Timnas Rumania yang Merumput di SuperLiga

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya