Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia Futsal 2026

Komunikasi tengah dibangun

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Federasi Futsal Indonesia (Sekjen FFI), Michael Sianipar, mengungkapkan Indonesia mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia Futsal 2026. Saat ini, hal itu sudah masuk tahap pembahasan.

"Indonesia itu diharapkan bisa jadi tuan rumah Piala Asia Futsal 2026 . Ini sedang kita bahas dengan PSSI dan Kemenpora," ujar Michael di Jakarta, Sabtu (7/9/2024).

1. Proses komunikasi terus berjalan

Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia Futsal 2026Timnas Futsal Indonesia perkenalkan Hector Souto sebagai pelatih baru. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Michael mengungkapkan, proses komunikasi terkait potensi tuan rumah Piala Asia Futsal 2026 ini terus berjalan. Jika nanti bisa mentas di ajang itu sebagai tuan rumah, Timnas Futsal Indonesia bakal mempersiapkan diri sebaik mungkin.

"Jika nanti jadi tuan rumah di Piala Asia Futsal 2026, kita mempersiapkan Timnas Futsal Indonesia agar bisa berprestasi di ajang ini dan dapat posisi yang bagus, semoga bisa masuk semifinal lah minimal," kata Michael.

Baca Juga: Tatap Piala AFF, Timnas Futsal Gelar TC dan Uji Coba

2. Tatap Piala AFF 2024 dulu

Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia Futsal 2026Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Sebelum Piala Asia 2026, Timnas Futsal Indonesia sudah ditunggu ajang lain, yakni Piala AFF Futsal 2024 di Thailand, November mendatang. Michael menargetkan tim Merah Putih bisa menembus babak final di ajang tersebut.

"Kita berharap Indonesia bisa masuk final Piala AFF 2024, dan dengan persiapan yang kita lakukan semoga kita bisa menjuarai kompetisi tersebut, setidaknya kita bisa masuk final dulu," kata Michael.

3. Gagal jadi tuan rumah Piala Asia 2024

Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia Futsal 2026Timnas Futsal Indonesia saat tampil di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Indonesia sempat mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia Futsal 2024. Namun, upaya mereka kala itu gagal dan AFC lebih memilih Thailand untuk jadi tuan rumah, menjadikan mereka tiga kali jadi tuan rumah Piala Asia Futsal.

Terakhir kali Piala Asia Futsal dihelat di Indonesia terjadi pada 2002 silam. Ketika itu, Iran keluar sebagai juara, mengalahkan Jepang di babak final. Sedangkan Thailand keluar sebagai peringkat tiga di ajang itu.

Baca Juga: Hector Souto Siap Bawa Timnas Futsal Indonesia Berjaya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya