Hilgers dan Eliano Disumpah WNI di Belanda, Ternyata Biasa

Hilgers dan Eliano tidak dispesialkan

Intinya Sih...

  • Erick Thohir menjelaskan pengambilan sumpah WNI Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di Belanda tidak spesial, karena beberapa bangsa Indonesia juga mengambil sumpah di luar negeri.
  • Pengambilan sumpah di luar negeri merupakan bagian dari fleksibilitas yang diberikan Kemenkumham, dan prosesnya tetap menghormati aturan hukum baik di dalam maupun luar negeri.
  • Supratman Andi Agtas menyebut pengambilan sumpah dilakukan di Belanda karena keduanya masih berada di negara tempat mereka membela klub sepak bola, rencananya akan dilakukan pada Senin (23/9/2024).

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberi penjelasan terkait Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang akan mengambil sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) di Belanda. Menurutnya, itu bukan sesuatu yang spesial.

"Kami coba mengangkat sumpah di negara lain seperti juga, beberapa bangsa Indonesia yang akan sumpah di negara lain juga. Jadi bukan sesuatu yang spesial," kata Erick di Kantor Kemenkumham, Kamis (19/9/2024).

1. Bagian dari fleksibilitas

Hilgers dan Eliano Disumpah WNI di Belanda, Ternyata BiasaKetum PSSI, Erick Thohir jumpa Menkumham Supratman Andi Agtas. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick mengungkapkan, pengambilan sumpah WNI di luar negeri ini merupakan bagian dari fleksibilitas yang diberikan Kemenkumham. Dia pun ingin anggapan miring soal pengambilan sumpah Hilgers dan Eliano di luar negeri ini dihentikan.

"Jadi, fleksibilitas baik di sini atau di luar negeri itu, biasa. Angkat sumpah di luar negeri juga ada. Nah, kebetulan memang sekarang FIFA Matchday sudah tidak ada," ujar Erick.

Baca Juga: Mees Hilgers Rayakan Kemenangan Twente dengan Bendera Indonesia

2. Tetap menghormati hukum

Hilgers dan Eliano Disumpah WNI di Belanda, Ternyata BiasaDPR merestui naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Selasa (17/9/2024). (IDN Times/Tino Satrio).

Erick mengungkapkan, proses pengambilan sumpah WNI di luar negeri ini tetap menghormati aturan hukum Kemenkumham. Sebab, pengambilan sumpah tetap jadi sesuatu yang harus ditempuh.

"Kami tidak ada yang spesial, semua hormati secara hukum, baik yang ada di Indonesia maupun aturan FIFA," kata Erick.

3. Hilgers dan Eliando akan ambil sumpah WNI di Belanda

Hilgers dan Eliano Disumpah WNI di Belanda, Ternyata BiasaFoto Mees Hilgers membela FC Twente di Eredivisie Belanda ( Pinterest.com/vi.nl)

Hilgers dan Eliano memang akan mengambil sumpah WNI di Belanda. Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas, mengungkapkan alasan kenapa pengambilan sumpah ini dilakukan di luar negeri.

"(Mereka akan disumpah di Belanda) berhubung calon dua warga negara Indonesia yang nanti akan bergabung dengan Timnas masih berada di negara tempat mereka membela klub sepak bola di Belanda," ujar Supratman.

Rencananya, pengambilan sumpah WNI Hilgers dan Eliano ini akan dilakukan pada Senin (23/9/2024), atau Minggu (22/9/2024) waktu Belanda. Proses naturalisasi keduanya sudah disetujui DPR pada Selasa (17/9/2024).

Baca Juga: Hilgers dan Eliano Akan Ambil Sumpah WNI di Belanda, Kenapa?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya