Hilgers dan Eliano Akan Ambil Sumpah WNI di Belanda, Kenapa?

Hilgers dan Eliano akan segera disumpah

Intinya Sih...

  • Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan disumpah sebagai WNI di Belanda, bukan di Indonesia
  • Alasan pengambilan sumpah dilakukan di luar negeri karena keduanya sibuk dengan aktivitas klub di Eredivisie 2024/25
  • Kementerian Hukum dan HAM akan menerbangkan petugas ke Belanda untuk memperlancar proses pengambilan sumpah agar keduanya bisa segera membela Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas mengungkapkan pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan dilakukan di Belanda. Ini jadi suatu hal baru.

Dalam unggahannya di Instagram, Supratman memastikan kedua pemain tidak akan disumpah di Indonesia. Ada beberapa alasan yang membuat pengambilan sumpah WNI keduanya tidak dilakukan di Tanah Air.

Baca Juga: DPR Restui Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bela Timnas Indonesia

1. Hilgers dan Eliano sibuk dengan aktivitas klub

Hilgers dan Eliano Akan Ambil Sumpah WNI di Belanda, Kenapa?potret Eliano Reijnders dan putranya (instagram.com/peczwolle)

Supratman mengungkapkan, alasan Hilgers dan Eliano tidak disumpah WNI di Indonesia karena keduanya sibuk dengan aktivitas klub. Saat ini Eredivisie 2024/25 tengah berjalan, dan keduanya sudah tentu tak dapat izin dari klub jika harus ke Indonesia.

"(Mereka akan disumpah di Belanda) berhubung calon dua warga negara Indonesia yang nanti akan bergabung dengan Timnas masih berada di negara tempat mereka membela klub sepak bola di Belanda," ujar Supratman.

Baca Juga: Reijnders dan Hilgers Perkuat Timnas Indonesia pada Oktober 2024?

2. Kemenkumham akan menerbangkan petugas

Hilgers dan Eliano Akan Ambil Sumpah WNI di Belanda, Kenapa?Foto Mees Hilgers membela FC Twente di Eredivisie Belanda ( Pinterest.com/vi.nl)

Untuk memperlancar proses pengambilan sumpah, Supratman menyebut Kemenkumham bakal menerbangkan petugas ke luar negeri. Mereka yang diterbangkan adalah para petugas Direktorat Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU).

"Langkah tercepat yang bisa diambil adalah kami memberangkatkan petugas dari Kementerian Hukum dan HAM yakni Dirjen AHU untuk pengambilan sumpah bagi warga negara di Kedutaan Besar RI di Belanda," kata Supratman.

Baca Juga: Profil Mees Hilgers, Calon Pemain Timnas Berdarah Manado

3. Upaya agar Hilgers dan Eliano bisa segera mentas di Timnas

Hilgers dan Eliano Akan Ambil Sumpah WNI di Belanda, Kenapa?potret Eliano Reijnders dan putranya (instagram.com/peczwolle)

Supratman mengungkapkan, langkah cepat ini adalah upaya agar Hilgers dan Eliano bisa segera mentas bersama Timnas Indonesia. Apalagi, skuad Garuda akan main lagi di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober 2024.

"Mudah-mudahan ini akan jadi berita gembira bagi kita semua dan Indonesia bisa tampil di Piala Dunia yang akan datang. Kita berdoa bersama untuk Timnas Indonesia," kata Supratman.

Proses naturalisasi Hilgers dan Eliano sendiri sudah disetujui oleh DPR pada Selasa (17/9/2024). Tinggal menunggu Keppres, kemudian proses perpindahan federasi, keduanya bisa segera bisa membela Timnas Indonesia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya