Harapan Indonesia dan Brasil Bertemu di Piala Dunia U-17

Brasil dan Indonesia mentas di Piala Dunia U-17

Jakarta, IDN Times - Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Fabio Oliveira, berharap Timnas Indonesia U-17 bisa lolos dari fase grup Piala Dunia U-17 2023. Dengan begitu Indonesia bisa bertemu dengan Timnas U-17 Brasil.

"Meskipun hati saya masih Brasil, tetapi sangat mencintai Indonesia. Mudah-mudahan, Indonesia juga bisa lolos dan nanti bertemu dengan Brasil. Itu akan menjadi sesuatu hal yang lebih besar lagi," kata Fabio dalam keterangan resmi.

1. Fabio saat ini menangani Timnas U-17 Brasil

Harapan Indonesia dan Brasil Bertemu di Piala Dunia U-17Potret latihan Brasil U-17 di Senayan, Selasa (17/11/2023). (IDN Times/Tino).

Kenapa Fabio sangat ingin Indonesia bertemu Brasil? Sebab, saat ini dia tengah mendampingi Brasil U-17 melakoni Piala Dunia U-17 2023. Dia dikontak langsung oleh Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) untuk menjadi staf pendamping Brasil U-17.

Fabio pun merasa sangat terhormat bisa mendampingi wakil negaranya tersebut. Selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023, dia bertugas menjembatani Tim U-17 Brasil untuk beberapa hal.

Baca Juga: Tak Ada Beban Bagi Timnas di Piala Dunia U-17 2023

2. Apa saja tugas Fabio di Brasil

Harapan Indonesia dan Brasil Bertemu di Piala Dunia U-17Pelatih Brasil U-17, Phelipe Leal usai latihan di Senayan, Selasa (7/11/2023). (IDN Times/Tino).

Fabio menjelaskan tugasnya di Brasil U-17 adalah memenuhi kebutuhan tim dari segi logistik dan bahasa. Selain itu, dia juga jadi jembatan antara para pemain dan media.

"Di kontrak atau tidak dengan federasi tidak penting, karena yang tampil di sini adalah negara saya. Harapannya dengan bantuan yang saya berikan bisa memberikan dampak positif selama tampil di kejuaraan ini dan Brasil bisa kembali juara," ujar Fabio.

3. Brasil puji Indonesia sebagai tuan rumah

Harapan Indonesia dan Brasil Bertemu di Piala Dunia U-17Potret Brasil U-17 saat melakoni laga persahabatan. (Twitter/@CBF_Futebol).

Selama mendampingi Brasil U-17, tidak banyak hal yang diminta dari pemain, pelatih, atau ofisial. Mereka pun tidak ada keluhan. Brasil U-17 malahan, kata Fabio, justru menilai Indonesia memiliki fasilitas yang cukup baik.

"Sejauh ini tidak ada keluhan soal Indonesia. Fasilitas sudah cukup baik. Cuaca juga tidak ada keluhan, sudah sangat bersahabat, karena di Brasil mirip seperti ini. Semua pemikiran tim Brasil U-17 sudah ke Piala Dunia U-17 2023 saat ini," ungkapnya.

Baca Juga: VAR Sudah Terpasang di 4 Stadion Piala Dunia U-17 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya