Filosofi Ferguson Bisa Bantu Prancis ke Final Euro 2024

Bekal Prancis adalah tangguhnya pertahanan

Intinya Sih...

  • Prancis minim gol di Euro 2024, tetapi melaju ke semifinal setelah mengalahkan Portugal.
  • Pertahanan Prancis tangguh dengan hanya kebobolan satu gol sampai semifinal, berkat skema pertahanan rapi dan kontribusi N'Golo Kante.
  • Pertahanan kuat membuat lawan kesulitan mencetak tembakan, membuat Prancis menang lewat gol bunuh diri atau adu penalti.

Jakarta, IDN Times - Prancis memang tampil menjemukan selama Euro 2024. Berbeda dengan Piala Dunia 2022 lalu, mereka minim gol di ajang ini, ditambah Kylian Mbappe tidak bertaji.

Meski begitu, Prancis nyatanya tetap bisa melaju jauh di Euro 2024. Terbaru, mereka memastikan satu tempat di semifinal usai mengalahkan Portugal di perempat final lalu.

Apa yang membuat Prancis bisa tetap menggigit di Euro 2024 ini? Lini depan mereka memang tumpul, tetapi pertahanannya sangat kuat.

1. Baru kebobolan sekali

Filosofi Ferguson Bisa Bantu Prancis ke Final Euro 2024Kylian Mbappe (putih) berusaha melewati adangan Bernardo Silva saat Prancis vs portugal di Euro 2024. (uefa.com)

Dari lima laga yang sudah dilakoni sampai semifinal Euro 2024, Prancis baru kebobolan satu gol. Itu terjadi saat mereka bersua Polandia di laga terakhir fase grup.

Catatan ini menjadikan Prancis sebagai tim yang paling sedikit kebobolan di Euro 2024 sejauh ini. Bahkan, catatan tersebut di atas Spanyol yang sudah kebobolan dua kali. Salah satu kunci di balik minimnya kebobolan Prancis ini adalah pertahanan yang kuat.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Spanyol vs Prancis di Semifinal Euro 2024

2. Skema pertahanan rapi ala Prancis

Filosofi Ferguson Bisa Bantu Prancis ke Final Euro 2024N'Golo Kante terpilih sebagai Man of the Match laga Prancis versus Austria di matchday 1 Grup D Euro 2024. (uefa.com)

Di Euro 2024, Prancis menerapkan skema pertahanan yang rapi. Aksi bertahan tidak cuma dilakukan William Saliba dan Dayot Upamecano yang jadi komando lini pertahanan.

Proses bertahan Prancis di ajang ini sudah dimulai sejak area depan. Tak heran, Bradley Barcola dan Ousmane Dembele, yang notabene pemain depan, mencatatkan rataan tekel per laga yang tinggi (dua kali dan 1,8 kali).

Selain itu, kunci kuatnya pertahanan Prancis ada pada N'Golo Kante. Hadirnya gelandang yang kini membela Al Ittihad itu membuat lini pertahanan Prancis terlindungi dengan baik.

Kante menorehkan rataan tekel 2,2 kali, ditambah intersep satu kali per laga, selama Euro 2024. Dia juga sering menjelajah seluruh area tengah, guna menyaring serangan agar tidak masuk ke lini pertahanan Prancis.

Dengan skema pertahanan yang baik ini, lawan pun dibuat kesusahan mencetak tembakan ke gawang Prancis. Whoscored mencatat, Prancis jadi tim kedua dengan rataan kecolongan tembakan per laga paling sedikit kedua di Euro 2024, yaitu 8,8 kali.

Filosofi Ferguson Bisa Bantu Prancis ke Final Euro 2024Infografis semifinal Euro 2024, Spanyol vs Prancis (IDN Times / Aditya Pratama)

Baca Juga: Prancis Harus Waspada, Spanyol Sulit Dikalahkan di Semifinal Euro

3. Pertahanan kuat, final bisa digenggam

Filosofi Ferguson Bisa Bantu Prancis ke Final Euro 2024Timnas Prancis saat mengikuti adu penalti versus Portugal di perempat final Euro 2024. (uefa.com)

Manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, pernah menyatakan serangan bisa membuat sebuah tim memenangi laga. Tapi, Ferguson menekankan jika pertahanan kuat bisa mengantarkan sebuah tim jadi juara. Agaknya, hal itu yang sekarang diterapkan Prancis.

Sadar lini depan mereka tidak terlalu tajam, Prancis memperkuat pertahanan mereka dan membuat lawan frustrasi dengan itu. Alhasil, tak jarang mereka menang lewat gol bunuh diri, atau memenangi adu penalti dengan lawan.

Dengan pertahanan kuat ini, Prancis bisa memenangi Euro 2024. Akan tetapi, mampukah mereka mengatasi Spanyol yang sangat agresif nan adaptif di semifinal nanti?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya