Eks Ketum Minta PSSI Dukung Shin Tae Yong Demi Kemajuan Timnas

Timnas Indonesia sekarang jauh lebih baik

Jakarta, IDN Times - Eks Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, ikut merasakan kegembiraan ketika Timnas Indonesia U-23 memastikan lolos ke Piala Asia U-23, Selasa (12/9/2023). Dia senang atas kemajuan yang diperlihatkan oleh Timnas Indonesia.

Iwan Bule bersorak riang saat skuad Garuda Muda menumbangkan Turkmenistan di laga terakhir kualifikasi. Dia merasa emosional, karena merasa telah memberikan fondasi yang kuat level Timnas di era kepengurusannya.

1. Buah dari proses panjang sejak kepemimpinannya

Eks Ketum Minta PSSI Dukung Shin Tae Yong Demi Kemajuan TimnasTimnas Indonesia lawan Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Iwan menyatakan apa yang didapat oleh Pasukan Garuda saat ini tak lepas dari proses panjang yang sudah dilakoni sejak 2020 lalu. Semua berawal dari sebuah pemusatan latihan Timnas U-19 ke Kroasia.

"Kita berproses, dan memang tidak mudah. Alhamdulillah sekarang semua bisa melihat bagaimana hasilnya, penampilan mereka. Beberapa dari mereka kan ada yang pernah kami berangkatkan ke Kroasia," ujar Iwan di Jakarta.

Memang, dalam skuad Timnas U-23 sekarang, ada beberapa pemain yang pernah ikut TC ke Kroasia sekitar Agustus 2020. Mereka adalah Elkan Baggott, Komang Teguh, Pratama Arhan, Rizky Ridho, dan Witan Sulaeman.

Baca Juga: Senyum Lebar Shin Tae Yong Lihat Perkembangan Timnas U-23

2. PSSI harus terus mendukung program Shin Tae Yong

Eks Ketum Minta PSSI Dukung Shin Tae Yong Demi Kemajuan TimnasPelatih Timnas Indonesia U-20 saat memimpin latihan Timnas Indonesia, di Uzbekistan, Jumat (3/3/2023). (Dok. PSSI).

Iwan pun memberi saran kepada pengurus PSSI, agar terus mendukung program dari Shin Tae Yong. Hal itu semata demi perbaikan prestasi sepak bola Indonesia ke depan. Dia bahkan optimistis skuad Garuda bisa tembus peringkat 120 FIFA dua tahun ke depan.

"Insya Allah kalau memang mau pegang komitmen, ini buat pengurus baru, bantu Shin Tae Yong. Saya yakin dalam dua tahun bisa kita masuk ranking 120. Sebab, memang anak-anak sekarang lebih baik dari dulu. Seniornya, dan sekarang U-23," ujar Iwan.

Baca Juga: Turkmenistan Dukung Timnas U-23: Bisa Semifinal Piala Asia!

3. Iwan Bule larut dalam kebahagiaan

Eks Ketum Minta PSSI Dukung Shin Tae Yong Demi Kemajuan TimnasMantan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kendati sudah tidak menjadi Ketum PSSI, Iwan Bule memang kedapatan kerap menonton laga-laga Timnas Indonesia atau Liga 1. Terbaru, dia menggelar acara nonton bareng Timnas U-23 lawan Turkmenistan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Luapan kegembiraan Iwan Bule langsung terlihat tatkala Timnas U-23 memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia U-23 2024. Bahkan, ada satu momen di mana dia hampir terjatuh saking senangnya.

"Selamat buat Timnas Indonesia yang sudah memastikan tiket ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Teruslah berjuang untuk menggapai prestasi demi nama harum bangsa dan negara Indonesia,” tutur mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya