Deretan Blunder Jordi Amat dan Pembelaan Shin Tae Yong

Jordi Amat tak pernah lepas dari blunder

Intinya Sih...

  • Jordi Amat sering melakukan blunder di laga Timnas Indonesia, termasuk kartu merah saat lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026.
  • Blunder Jordi juga terjadi pada laga uji coba jelang Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026, yang berujung gol bagi lawan.
  • Pelatih Shin Tae Yong membela Jordi Amat, menyebut kesalahan bukan karena usia, namun kartu merah membuat tim sulit. Yakin Jordi akan mengevaluasi dirinya sendiri.

Jakarta, IDN Times - Entah kenapa Jordi Amat tidak lagi memberikan rasa aman untuk lini pertahanan Timnas Indonesia. Terbaru, dalam laga lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (6/6/2024), blundernya membuat skuad Garuda kesulitan.

Jordi tidak bermain penuh di laga lawan Irak. Dia terkena kartu merah pada menit 59, tepat ketika Timnas Indonesia sudah tertinggal 0-1 di laga ini. Ketiadaan satu pemain membuat Irak akhirnya bisa menutup laga dengan skor 0-2.

Terkhusus bagi Jordi, ini adalah kali kesekian dia melakukan blunder. Sebelumnya, dia juga acap melakukan kesalahan yang berujung fatal bagi Timnas Indonesia.

Baca Juga: STY: Jordi Amat Bisa Main Lawan Tanzania Besok

1. Deretan blunder di Kualifikasi Piala Dunia

Deretan Blunder Jordi Amat dan Pembelaan Shin Tae YongJordi Amat (instagram.com/jordiamat5)

Di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Jordi beberapa kali melakukan blunder. Pada laga perdana lawan Irak di Basra, penggawa Johor Darul Ta'zim (JDT) itu melakukan gol bunuh diri yang menjadi gol kedua Irak di laga itu.

Pada laga lawan Filipina, Jordi juga melakukan blunder ketika kehilangan penguasaan bola. Kevin Ingreso merebut bola itu, memberikan umpan kepada Patrick Reichelt yang akhirnya berbuah gol bagi Filipina.

Terakhir, tentu kartu merah saat lawan Irak di Jakarta, Kamis (6/6/2024). Kalah satu pemain menjadikan Indonesia sulit mengimbangi permainan Irak, sehingga kalah 0-2.

Baca Juga: Media Vietnam: Indonesia Butuh Dewi Fortuna Lawan Irak

2. Blunder juga saat uji coba dan Piala Asia 2023

Deretan Blunder Jordi Amat dan Pembelaan Shin Tae YongTimnas Indonesia lawan Australia di Piala Asia. (Dok. PSSI)

Tidak cuma ketika Kualifikasi Piala Dunia 2026, Jordi melakukan blunder saat laga uji coba jelang Piala Asia 2023. Ketika itu, dalam laga lawan Libya, blunder yang dilakukannya berujung gol.

Di Piala Asia 2023, Jordi kembali melakukan kesalahan individu. Saat laga lawan Jepang, dia dengan ceroboh melanggar Ayase Ueda, dan membuat skuad Garuda kena hukuman penalti. Indonesia kalah 1-3 di laga tersebut.

Baca Juga: Shin Tae Yong Belum Bisa Garansikan Jay Idzes Tampil Saat Lawan Irak

3. Pembelaan Shin Tae Yong untuk Jordi Amat

Deretan Blunder Jordi Amat dan Pembelaan Shin Tae YongShin Tae Yong (kiri) dan Jordi Amat (kanan) dalam jumpa pers jelang lawan Irak, Rabu (5/6/2024). (IDN Times/Tino).

Terkait deretan blunder Jordi Amat selama ini bersama Timnas, Shin Tae Yong selaku pelatih memberikan pembelaan. Dia mengatakan, kesalahan-keslaahan ini bukan pertanda Jordi tak mampu lagi bersaing di level tinggi.

"Jordi Amat itu pemain top. Terkait beberapa kesalahan yang dia lakukan, itu bukan karena usia. Namun, soal kartu merah itu memang bikin tim kami masuk kondisi sulit. Saya yakin, dia akan mengevaluasi dirinya sendiri," kata Shin Tae Yong.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya