Dani Olmo Mudik ke Barcelona, Dipagari Klausul Mahal

Dani Olmo pulang kampung ke Barcelona

Intinya Sih...

  • Dani Olmo resmi kembali ke Barcelona setelah klub berhasil menjalin kesepakatan dengan RB Leipzig untuk transfernya.
  • Barcelona mengontrak Olmo selama enam musim dengan klausul pelepasan seharga 500 juta euro.
  • Olmo adalah mantan jebolan La Masia dan telah meraih berbagai prestasi bersama timnas Spanyol serta klub-klub sebelumnya seperti Dinamo Zagreb dan RB Leipzig.

Jakarta, IDN Times - Kepindahan Dani Olmo ke Barcelona akhirnya terlaksana musim panas ini. Pada Jumat (9/8/2024), klub asal Spanyol itu sukses menjalin kesepakatan dengan RB Leipzig soal transfer sang pemain.

Dilansir situs resmi klub, Barcelona mengontrak Olmo selama enam musim. Yang menarik, mereka memagari pemain berusia 26 tahun itu dengan klausul pelepasan yang sangat mahal, yakni 500 juta euro (setara Rp8,7 triliun).

1. Olmo senang bisa mudik ke Barcelona

Dani Olmo Mudik ke Barcelona, Dipagari Klausul MahalDani Olmo resmi menjadi pemain anyar Barcelona (instagram.com/fabriziorom)

Olmo mengungkapkan, senang bisa mudik ke Barcelona setelah sekian lama merantau. Terang saja, selama satu dekade terakhir, dia yang merupakan jebolan La Masia tidak pernah membela tim senior Barcelona.

"Senang rasanya bisa kembali ke rumah. Setelah sekian lama, akhirnya saya kembali," ujar Olmo.

Baca Juga: RB Leipzig Halangi Dani Olmo Pergi ke Barcelona

2. Direkrut setelah sukses di Euro 2024

Dani Olmo Mudik ke Barcelona, Dipagari Klausul MahalDani Olmo ketika memenangkan Piala Eropa 2024 (instagram.con/daniolmo)

Perekrutan Olmo ke Barcelona ini semakin spesial, karena sang pemain baru saja meraih trofi Euro 2024 bersama Spanyol. Dia sendiri sudah mencatatkan debut bersama tim Matador di Kualifikasi Euro 2020.

Olmo juga pernah membela Spanyol di Olimpiade Tokyo, meraih medali perak. Dia juga mentas di Euro 2020, Piala Dunia 2022, dan terbaru tentunya di Euro 2024, ketika tim Matador menjadi juara.

Baca Juga: Dani Olmo: Inggris ke Final Euro 2024 karena Prestasi, Bukan Hoki

3. Perjalanan karier Olmo

Dani Olmo Mudik ke Barcelona, Dipagari Klausul MahalSelebrasi Dani Olmo (10) usai membawa Spanyol menjuarai Euro 2024 (instagram.com/daniolmo)

Olmo adalah mantan jebolan La Masia, akademi Barcelona. Dia menimba ilmu bersama raksasa Catalan itu pada 2007, dan meninggalkan klub pada 2017 untuk pindah ke Dinamo Zagreb.

Bersama klub Kroasia itu, Dani Olmo tampil dalam 124 laga dan mencetak 34 gol. Pindah ke RB Leipzig, Olmo semakin cemerlang dan membantu klub asal Jerman itu meraih dua gelar DFB Pokal dan satu gelar Piala Super Jerman.

Dani Olmo menjadi rekrutan pertama Barcelona musim panas ini. Mereka masih dikaitkan dengan satu pemain lagi, yakni Nico Williams dari Athletic Bilbao, duet Lamine Yamal di Timnas Spanyol saat Euro 2024.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya