Daftar 18 Negara di Fase 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ada Indonesia

Indonesia masuk 18 besar Asia

Jakarta, IDN Times - Fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 rampung pada Rabu (12/6/2024). Total, ada 18 tim yang memastikan diri lolos ke babak ketiga, salah satunya adalah Timnas Indonesia.

Indonesia memastikan diri lolos ke babak ketiga usai menjadi runner-up Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka berada di bawah Irak yang lolos sebagai juara grup. Selain Indonesia dan Irak, siapa saja negara yang lolos?

1. Tim tradisional Asia melaju

Daftar 18 Negara di Fase 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ada IndonesiaTimnas Indonesia lawan Australia di Piala Asia. (Dok. PSSI)

Tim-tim tradisional Asia sukses melaju ke babak ketiga. Jepang lolos sebagai juara Grup B, bersama Korea Utara yang menjadi runner-up. Korea Selatan juga lolos sebagai juara Grup C, didampingi China sebagai runner-up.

Qatar, juara Piala Asia 2019, lolos ke babak ketiga berstatus juara Grup A. Iran dan Uzbekistan lolos juga dari Grup E sebagai juara grup dan runner-up grup. Arab Saudi, Australia, dan Uni Emirat Arab, sama-sama lolos.

Baca Juga: Misteri Timnas Pakai Jersey Putih di SUGBK Akhirnya Terjawab

2. Ada beberapa negara kejutan yang lolos

Daftar 18 Negara di Fase 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ada IndonesiaRagnar Oratmangoen dukung Palestina. (IDN Times/Naufal Fathahillah)

Selain Indonesia, ada beberapa negara kejutan yang juga lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kyrgyzstan sukses lolos sebagai runner-up Grup D, menemani Oman sebagai juara grup.

Selain itu, ada juga Palestina yang lolos sebagai runner-up Grup I, menemani Australia. Di luar dugaan, mereka mampu bersaing dengan Lebanon dan Bangladesh yang harus rela tersingkir.

3. Daftar 18 negara yang lolos babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Daftar 18 Negara di Fase 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ada IndonesiaKorea Ultras Garuda saat mendukung Timnas Indonesia vs Irak di SUGBK, 6 Juni 2024. (IDN Times/Naufal Fatahillah).

Merunut jadwal, babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dihelat pada 5 September 2024 sampai 10 Juni 2025. Dari sini, akan diambil enam negara langsung yang lolos ke Piala Dunia 2026. Undian babak ini akan dihelat pada 27 Juni 2024.

Berikut adalah daftar 18 negara yang lolos babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

- Qatar
- Kuwait
- Jepang
- Korea Utara
- Korea Selatan
- China
- Oman
- Kyrgyztan
- Iran
- Uzbekistan
- Irak
- Indonesia
- Yordania
- Arab Saudi
- Uni Emirat Arab
- Bahrain
- Australia
- Palestina

Baca Juga: Sinyal Shin Tae Yong Tambah Pemain Naturalisasi di Timnas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya