Calvin Verdonk Dipastikan Bisa Bela Indonesia Lawan Filipina

Calvin Verdonk sudah legal main untuk Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kabar baik hadir bagi Timnas Indonesia. Calvin Verdonk dipastikan siap membela skuad Garuda di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Filipina, 11 Juni 2024.

Kepastian itu diperoleh setelah proses peralihan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI sudah mendapat persetujuan FIFA. PSSI pun langsung mengirimkan surat persetujuan dari FIFA itu ke Federasi Sepakbola Asia (AFC), Rabu (5/6/2024).

1. Legalitas Calvin sudah teruji dengan surat FIFA ini

Calvin Verdonk Dipastikan Bisa Bela Indonesia Lawan FilipinaJens Raven, Calvin Verdonk dan Maarten Paes bertemu dengan Erick Thohir. (Instagram/@jensraven9).

Dengan pengesahan FIFA tersebut, dan AFC pun telah mengetahuinya, maka legalitas Calvin untuk merumput bersama Timnas Indonesia kuat secara hukum. Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun memberikan apresiasi kepada FIFA.

"Saya apresiasi proses persetujuan yang dilakukan FIFA, yang secara langsung ikut mendukung agar sepak bola kita maju. Meski keputusan pemain yang akan bermain ada di tangan pelatih, tapi saya pastikan Verdonk sudah siap bertanding saat melawan Filipina," kata Erick di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Baca Juga: Sah! Calvin Verdonk Sudah Disumpah Jadi WNI

2. Erick berterima kasih pada semua pihak

Calvin Verdonk Dipastikan Bisa Bela Indonesia Lawan Filipinafoto Calvin Verdonk saat menghadapi PEC Zwolle (instagram.com/c.verdonk)

Lebih lanjut, Erick berterima kasih kepada beberapa pihak yang sudah membantu proses naturalisasi Calvin, sampai akhirnya disetujui FIFA. Hal ini jadi dorongan bagi Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Sejak kemarin banyak pihak di dalam negeri telah membantu prosedur Calvin Verdonk untuk segera memperkuat sepakbola Indonesia, terutama menghadapi pertandingan penting bagi langkah Indonesia menuju Piala Dunia 2026," ujat Erick.

3. Calvin hadirkan persaingan dan tambah kekuatan di lini belakang

Calvin Verdonk Dipastikan Bisa Bela Indonesia Lawan Filipinafoto Calvin Verdonk saat menghadapi Ajax Amsterdam (instagram.com/c.verdonk)

Kehadiran Calvin tak hanya menambah kekuatan lini belakang Timnas Indonesia. Persaingan sehat diprediksi terjadi bagi para pemain yang ingin membela skuad Garuda. Termasuk Calvin, saat ini tercatat ada 12 pemain di posisi defender.

Mereka adalah Jay Idzes, Jordi Amat, Rizky Ridho, Elkan Baggot, Justin Hubner, Muhammad Ferarri, Calvin Verdonk, Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, Sandy Walsh, dan Asnawi Mangkualam.

"Target saya, kita harus punya 2x11 pemain untuk timnas dengan kekuatan yang merata dan seimbang sehingga meski ada yang absen atau enggan memperkuat Timnas Indonesia, maka kita punya pengganti dengan kualitas yang sama. Calvin Verdonk menambah kekuatan kami," kata Ketum PSSI itu.

Baca Juga: Calvin Verdonk Ngarep Bisa Debut saat Timnas Indonesia vs Filipina

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya