Calafiori, Pencetak Gol Bunuh Diri Perdana Italia di Euro

Calafiori catatkan sejarah kelam

Intinya Sih...

  • Riccardo Calafiori mencetak gol bunuh diri pada laga Italia vs Spanyol di Euro 2024, membuat Italia kalah 0-1.
  • Calafiori menjadi pencetak gol bunuh diri perdana Italia di Euro, memupus rekor tak pernah mencetak gol bunuh diri sebelumnya.
  • Pelatih Italia tidak menyalahkan Calafiori atas kekalahan tersebut, namun menyesalkan performa tim yang lesu dan tidak solid.

Jakarta, IDN Times - Malang benar nasib Riccardo Calafiori. Dalam laga kedua fase grup Euro 2024 antara Spanyol lawan Italia di Veltins Arena, Jumat (21/6/2024) dini hari WIB, dia menjadi pesakitan.

Italia sendiri harus kalah 0-1 dari Spanyol dalam laga tersebut. Kemenangan ini membawa Spanyol lolos ke babak 16 besar, meninggalkan Italia yang harus melakoni laga hidup mati lawan Kroasia.

Penyebab dari tumbangnya Italia ini ternyata datang dari pemain mereka sendiri. Gara-gara gol bunuh diri Calafiori di babak kedua, mereka kalah. Catatan ini membawa Calafiori pada sejarah kelam.

Baca Juga: Gol Bunuh Diri Riccardo Calafiori Bawa Spanyol Unggul atas Italia

1. Calafiori, pencetak gol bunuh diri perdana Italia di Euro

Calafiori, Pencetak Gol Bunuh Diri Perdana Italia di EuroRiccardo Calafiori, bek Italia, melakukan gol bunuh diri di Euro 2024. (uefa.com)

Sepanjang keikutsertaan di Euro, Italia tak pernah mencetak gol bunuh diri. Mereka kebobolan karena gol-gol dari lawan. Namun, pada Euro 2024, catatan apik itu punah. Semua karena ulah Calafiori.

Squawka mencatat, Calafiori hadi pencetak gol bunuh diri perdana Italia di Euro. Sialnya lagi, gol bunuh diri ini membawa Italia kalah dari Spanyol, sekaligus membuat situasi mereka di fase grup Euro 2024 makin sulit.

2. Tetap dimainkan sampai akhir

Calafiori, Pencetak Gol Bunuh Diri Perdana Italia di EuroRiccardo Calafiori (x.com/Azzurri_En)

Kendati mencetak gol bunuh diri, pelatih Italia Luciano Spalletti tetap memercayai Calafiori untuk mengawal pertahanan Italia sampai akhir. Bersama Alessandro Bastoni, dia menjaga pertahanan Azzurri.

Pada akhirnya, Spanyol gagal mencetak gol tambahan di sisa waktu babak kedua, tak lepas dari andil Calafiori dan Bastoni. Namun, tetap saja gol bunuh diri ini jadi pembeda.

Baca Juga: 3 Bek Termuda Italia yang Melakoni Debut Euro, Calafiori Memikat!

3. Spalletti tidak salahkan Calafiori

Calafiori, Pencetak Gol Bunuh Diri Perdana Italia di EuroLuciano Spalletti (uefa.com)

Menyoal kekalahan timnya di laga ini, Spalletti tidak menyalahkan Calafiori. Malah, dia menyesalkan para pemainnya yang tampil lesu dan tak bisa solid layaknya Spanyol.

"Kami lemah sekali malam ini. Itulah alasan utama hal ini terjadi. Kami perlu menyelesaikan masalah, namun alasan utama kami kesulitan adalah karena kami lesu," kata Spalletti, dilansir situs resmi UEFA.

Memang kekalahan Italia dari Spanyol ini jadi tanggung jawab bersama. Namun, Riccardo Calafiori tetap mencatatkan namanya sendiri dalam sejarah kelam di Euro 2024 ini.

Baca Juga: Riccardo Calafiori, Bek Muda Italia yang Menorehkan Sejarah di Bologna

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya