Bentrok Perdana Indonesia dan Uzbekistan di Asian Games

Sebelumnya, Indonesia dan Uzbekistan jumpa di ajang lain

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-24 masih melanjutkan perjalanannya di Asian Games 2022, Hangzhou. Pada Kamis (28/9/2023), mereka dijadwalkan berjumpa Uzbekistan di babak 16 besar.

Garuda Muda lolos dari fase grup dengan status peringkat tiga terbaik. Mereka menyabetnya setelah meraih tiga poin dari tiga laga. Sedangkan, Uzbekistan menjadi juara Grup C usai mengalahkan Hong Kong dalam dua pertemuan di fase grup.

Ini adalah kali pertama Indonesia dan Uzbekistan berjumpa di Asian Games. Biasanya, kedua negara jumpa dalam ajang berbeda.

1. Bertemu dua kali di Kualifikasi Piala Dunia 1998

Bentrok Perdana Indonesia dan Uzbekistan di Asian Gamestwitter.com/SaudiNT

Pada Kualifikasi Piala Dunia 1998, Indonesia dan Uzbekistan sempat bertemu dua kali. Dalam pertemuan pertama, Indonesia mampu menahan imbang Uzbekistan.

Di pertemuan kedua, barulah Indonesia takluk dari Uzbekistan dengan skor 0-3. Pada akhirnya, Uzbekistan mampu lolos ke babak kedua usai jadi penguasa Grup 5, mengungguli Indonesia dan Yaman.

Baca Juga: Berkat Sananta, Timnas U-24 Makin Pede Lawan Uzbekistan

2. Indra Sjafri juga pernah bersua Uzbekistan

Bentrok Perdana Indonesia dan Uzbekistan di Asian GamesPelatih Timnas U-24, Indra Sjafri. (Dok. PSSI).

Pelatih Timnas U-24, Indra Sjafri, juga memiliki pengalaman bersua Uzbekistan. Itu terjadi pada Piala Asia U-19 2014. Saat itu, Garuda Asia yang diperkuat Evan Dimas dan kolega kalah dengan skor 1-3.

Terbaru, Indonesia bersua Uzbekistan di Piala Asia U-20 2023. Ketika itu, Indonesia menahan Uzbekistan tanpa gol. Sialnya, mereka gagal lolos ke fase gugur lantaran kalah selisih gol dari Irak.

3. Persiapan lawan Uzbekistan sudah dimatangkan

Bentrok Perdana Indonesia dan Uzbekistan di Asian GamesPotret Ramadhan Sananta tiba di Hangzhou, Selasa (26/9/2023). (Dok. PSSI).

Indra mengaku sudah menyiapkan tim dengan matang jelang lawan Uzbekistan nanti. Apalagi, Timnas U-24 juga kedatangan amunisi baru, yakni Ramadhan Sananta.

"Kami sudah cek semua pemain dalam keadaan siap dan menyiapkan rencana permainan dari hasil laporan tim analis tentang kualitas pemain-pemain Uzbekistan. Mudah-mudahan kami bisa menang. Mohon doanya," ujar Indra.

Timnas U-24 dijadwalkan jumpa Uzbekistan di Shangcheng Sports Centre Stadiun, Hangzhou. Jika menang, di perempat final Asian Games 2022 nanti, skuad Garuda Muda akan bersua pemenang antara India dan Arab Saudi.

Baca Juga: Sepenting Apa Sih Ramadhan Sananta untuk Timnas U-24?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya