Bellingham Klarifikasi Selebrasi Kontroversi saat Lawan Slovakia 

UEFA tengah investigasi Bellingham

Jakarta, IDN Times - Gestur Jude Bellingham kala menjadi pahlawan Inggris dalam duel melawan Slovakia, 30 Juni 2024 lalu, menjadi sorotan. Selebrasinya dianggap tak pantas, dan diduga menyinggung para pemain Slovakia.

Atas fakta ini UEFA melakukan investigasi. Ada potensi, berpotensi absen lawan Swiss di perempat final Euro 2024.

1. Buka-bukaan Bellingham soal selebrasinya

Bellingham Klarifikasi Selebrasi Kontroversi saat Lawan Slovakia Jude Bellingham, pemain Inggris, dikepung para pemain Slovakia di Euro 2024. (uefa.com)

Mengenai gestur tak pantas Bellingham, itu terjadi setelah dia mencetak gol ke gawang Slovakia. Dia kedapatan melakukan gestur yang tidak pantas dengan tangannya ke arah bench dari Slovakia.

Bellingham sudah melakukan klarifikasi terkait gesturnya. Dalam akun X pribadinya, dia menyatakan gestur tersebut hanya sekadar bercanda dan tak ada maksud menghina para pemain Slovakia.

"Itu (gestur selepas cetak gol) hanya bercandaan saya saja dengan rekan-rekan dekat di Timnas Inggris. Saya hormat kepada para pemain Slovakia yang main bagus di laga tadi," cuit Bellingham.

Baca Juga: Inggris Rupanya Masih Perlu Tuah Jude Bellingham

2. UEFA sudah berkirim surat dan memberikan pernyataan

Bellingham Klarifikasi Selebrasi Kontroversi saat Lawan Slovakia Instagram.com/judebellingham

Dalam pernyataan resminya, UEFA tetap akan menginvestigasi gestur Bellingham, terlepas dari alasannya. Mereka juga sudah menyurati Bellingham, Federasi Sepak Bola Inggris (FA), dan Federasi Slovakia terkait ini.

"Komite Disiplin UEFA akan melakukan investigasi terkait potensi pelanggaran kesopanan yang dilakukan Bellingham dalam laga lawan Slovakia. Informasi soal ini akan kami laporkan lebih lanjut," tulis pernyataan resmi UEFA.

3. Bellingham diprediksi lolos sanksi

Bellingham Klarifikasi Selebrasi Kontroversi saat Lawan Slovakia Jude Bellingham bersama Harry Kane di Euro 2024. (uefa.com)

Dilansir Daily Mail, hasil investigasi UEFA berpotensi menghadirkan sanksi untuk Bellingham. Dia bisa saja terkena larangan bermain saat lawan Swiss atau denda.

Namun, dilansir Daily Star, sumber dalam UEFA menduga Bellingham lolos dari sanksi. Andai dapat sanksi, menurut sumber tersebut, baru akan muncul setelah Euro 2024 dan berlaku pada pertandingan resmi lainnya.

Baca Juga: Kontroversi Gestur Bellingham Usai Jebol Gawang Slovakia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya