Belanda Suram karena Virgil van Dijk Sedang Jelek

Van Dijk gagal atur pertahanan Belanda

Intinya Sih...

  • Belanda lolos ke babak 16 besar Euro 2024, tapi pertahanan mereka rapuh.
  • Van Dijk gagal memenangi duel dan blunder dalam gol ketiga Austria.
  • Van Dijk mengakui bermain buruk, tapi menyalahkan keseluruhan permainan Belanda.

Jakarta, IDN Times - Belanda memang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Akan tetapi, kelolosan mereka ini penuh dengan cela. Ternyata, hal itu tak lepas dari pengaruh Virgil van Dijk.

Dalam laga terakhir fase grup Euro 2024, Belanda harus mengakui keunggulan Austria dengan skor 2-3. Setelah kejar-kejaran gol sepanjang laga, Marcel Sabitzer jadi penentu kemenangan Austria lewat golnya di menit 80.

Lini pertahanan Belanda sangat buruk di laga ini. Di balik rapuhnya lini belakang mereka, ada Van Dijk yang memang sedang buruk-buruknya di laga ini.

Baca Juga: Belanda Sadar Diri Usai Dipermalukan Austria

1. Van Dijk gagal memenangi duel dan sering kehilangan bola

Belanda Suram karena Virgil van Dijk Sedang JelekVirgil van Dijk pertama kali menjabat kapten Belanda pada 2018. (twitter.com/VirgilvDijk)

Van Dijk memang jadi sorotan selepas laga lawan Austria. Jika biasanya dia tampil solid, di laga itu dia justru jadi salah satu penyebab utama keroposnya lini pertahanan Belanda.

Dilansir 'Sofascore', Van Dijk gagal memenangi duel perebutan bola dengan lawan sebanyak dua kali di laga itu. Tidak cuma itu, dia juga kehilangan bola lima kali, dan tak mampu melakukan tekel dan intersep di laga ini.

2. Blunder saat gol Sabitzer

Belanda Suram karena Virgil van Dijk Sedang JelekVirgil van Dijk menjabat sebagai kapten timnas Belanda dan Liverpool. (twitter.com/VirgilvDijk)

Dalam gol ketiga Austria yang dicetak Sabitzer, ada andil blunder dari Van Dijk. Dia tidak maju untuk menarik garis pertahanan, yang bisa berujung garis offside, dan hanya memantau di kotak penalti.

Alhasil, Sabitzer pun berada dalam posisi bebas sekaligus onside saat menerima bola. Dia menerima umpan terobosan dengan nyaman dan akhirnya mampu mencetak gol.

3. Van Dijk sadar dirinya salah

Belanda Suram karena Virgil van Dijk Sedang Jelekuefa.com

Selepas laga, Van Dijk mengakui bermain buruk di laga ini. Namun, dia juga berkata kekalahan ini merupakan cermin dari buruknya permainan Belanda secara keseluruhan di laga ini.

"Belanda bermain buruk dalam segala hal di laga ini. Kami memulai laga dengan tidak baik. Kami sempat coba bangkit di masa turun minum, tetapi entah kenapa di babak kedua kami malah diserang lagi," kata Virgil van Dijk.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya