Belanda Merasakan Lagi Kemenangan di Fase Gugur Euro

Belanda biasanya kalah di babak gugur

Intinya Sih...

  • Belanda menang 3-0 atas Rumania di babak 16 besar Euro 2024, dengan Donyell Malen mencetak dua gol dan Cody Gakpo satu gol. Belanda berhasil mengakhiri catatan buruk mereka di fase gugur Euro, setelah kemenangan terakhir pada 2004, pasca-beberapa kali kalah di babak gugur sebelumnya. Kemenangan ini tak lepas dari evaluasi tim selepas kekalahan dari Austria, dengan pemain seperti Denzel Dumfries menyebut mereka banyak berdiskusi untuk meningkatkan level permainan.

Jakarta, IDN Times - Belanda menorehkan hasil apik di 16 besar Euro 2024. Bersua Rumania di Allianz Arena, Selasa (2/7/2024) malam WIB, skuad Oranje menang telak dengan skor 3-0.

Donyell Malen sukses mencetak dua gol pada laga ini, ditambah satu gol Cody Gakpo. Hasil ini membuat Belanda sukses mengakhiri catatan buruk mereka di Euro, apa itu?

1. Belanda merasakan lagi kemenangan di fase gugur

Belanda Merasakan Lagi Kemenangan di Fase Gugur EuroBart Verbruggen (uefa.com)

Belanda memang beberapa kali sempat lolos ke fase gugur Euro. Namun, kemenangan di fase gugur terakhir mereka terjadi pada 2004. Ketika itu, mereka menang adu penalti atas Swedia.

Pada 2008, Belanda kalah dari Rusia pada babak delapan besar. Lanjut pada 2012, mereka bahkan terhenti pada fase grup. Pada 2020, setelah performa apik di grup, mereka malah kalah pada babak 16 besar. Kini, Belanda merasakan lagi kemenangan di fase gugur Euro.

Baca Juga: Hasil Euro 2024: Belanda dan Turki Melaju ke Perempat Final

2. Belanda bangkit usai buruk di fase grup

Belanda Merasakan Lagi Kemenangan di Fase Gugur Euroonsoranje.nl

Kemenangan di fase gugur ini tak lepas dari evaluasi Belanda selepas kalah pada babak grup dari Austria. Pemain mereka, Denzel Dumfries, menyebut pemain sudah banyak berdiskusi, bagaimana caranya mereka meningkatkan level permainan.

"Di laga ini, kami menguasai bola dan menekan lawan dengan sangat baik. Saya sangat bangga karena kami merespons kekalahan dari Austria dengan baik. Di laga itu, jujur kami tidak puas dengan penampilan kami," ujar Dumfries, dilansir situs resmi UEFA.

Baca Juga: Belanda Gak Boleh Besar Kepala Lawan Rumania

3. Akankah Belanda kembali ke semifinal?

Belanda Merasakan Lagi Kemenangan di Fase Gugur EuroIan Maatsen (avfc.co.uk)

Semifinal jadi capaian terbaik Belanda sejak 2004 di Euro. Ketika itu, mereka urung melaju ke final, usai kalah dari tuan rumah Portugal dengan skor 2-1.

Belanda memiliki kans lagi untuk melaju jauh di Euro 2024. Apalagi, mereka 'cuma' akan bersua Turki di perempat final nanti. Mampukah mereka memanfaatkan kesempatan yang ada dan maju ke semifinal?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya