Bekuk Uruguay, Kolombia ke Final Copa America 2024

Kolombia menang tipis 1-0

Intinya Sih...

  • Kolombia menang tipis 1-0 atas Uruguay dalam semifinal Copa America 2024.
  • Gol tunggal kemenangan dicetak oleh Jefferson Lerma pada menit 39.

Jakarta, IDN Times - Kolombia meraih kemenangan dalam laga semifinal Copa America 2024 lawan Uruguay. Bertanding di Bank of America Stadium, Kamis (11/7/2024) pagi WIB, James Rodriguez dan kawan-kawan menang tipis 1-0.

Gol tunggal kemenangan Kolombia di laga ini dicetak Jefferson Lerma pada menit 39. Hasil ini menegaskan performa apik Kolombia sepanjang Copa America 2024.

Di awal babak pertama, Uruguay langsung memeragakan permainan yang agresif. Berbekal pemain-pemain apik macam Darwin Nunez, Facundo Pellistri, Rodrigo Bentancur, hingga Federico Valverde, mereka menekan Kolombia.

Ciamiknya, alih-alih pasif, Kolombia justru berani balik menekan Uruguay. Sama seperti Uruguay, mereka juga punya nama-nama James Rodriguez, Luis Diaz, dan Davinson Sanchez yang bisa bantu Kolombia meladeni Uruguay.

Laga yang seru ini berlanjut sampai pertengahan babak pertama. Minusnya, hingga masa tersebut, baik Kolombia maupun Uruguay sama-sama belum mencetak gol. Hal itu tak lepas dari ketatnya laga, ditambah kurang klinisnya kedua tim.

Nunez banyak membuang peluang yang dia dapat di depan gawang Kolombia. Di sisi lain, meski punya Diaz, Kolombia begitu kesulitan menembus pertahanan Uruguay yang dikawal Jose Gimenez dan Mathias Olivera.

Sempat kesulitan, Kolombia pada akhirnya berhasil membobol gawang Uruguay. Pada menit 39, Jefferson Lerma berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan sepak pojok apik James Rodriguez. Untuk sementara, Kolombia unggul 1-0.

Sial bagi Kolombia, selepas unggul mereka harus kehilangan satu pemain. Daniel Munoz mendapatkan kartu kuning kedua, setelah kedapatan sedikit menyikut pemain Uruguay. Alhasil, Kolombia harus bermain dengan 10 orang.

Di sisa waktu babak pertama, Uruguay berusaha menyamakan angka. Akan tetapi, upaya mereka tidak menemui hasil. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan Kolombia tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Uruguay melakukan beberapa perubahan. Mereka memasukkan Guillermo Varela, Giorgian de Arrascaeta, Cristian Olivera, hingga Luis Suarez untuk meningkatkan kekuatan di lini serang.

Kolombia tidak mau kalah. Untuk menjaga keseimbangan, mereka juga memasukkan beberapa nama baru, seperti Santiago Arias, Kevin Castano, dan Mateus Uribe. Hadirnya nama-nama baru ini membuat intensitas laga terjaga.

Agak berbeda dengan babak pertama, Uruguay main lebih aktif di babak kedua ini. Dengan urgensi mengejar angka, mereka menekan pertahanan Kolombia sebisa mungkin sejak awal babak kedua.

Namun, sampai pertengahan babak kedua, Uruguay masih kesulitan mencetak gol. Selain karena pertahanan Kolombia yang jadi lebih ketat, mereka juga masih kurang klinis, terutama untuk sosok Nunez. Dia sering membuang peluang.

Meski bermain dengan 10 orang, Kolombia tetap bermain spartan. Selain menahan gempuran para pemain Uruguay, mereka juga mampu melancarkan beberapa serangan balik berbahaya, berkat masuknya nama-nama baru di babak kedua.

Sampai masa-masa akhir babak kedua, Kolombia mampu mengamankan gawang mereka dari ancaman para pemain Uruguay. Di sisi lain, Nunez dan kawan-kawan sepertinya sudah kebingungan lagi menemukan cara mencetak angka.

Sampai babak kedua tuntas, Kolombia sukses mempertahankan keunggulan ini. Mereka mengalahkan Uruguay dengan skor 1-0, dan berhasil melaju ke final Copa America 2024 untuk bersua Argentina.

Topik:

  • Jujuk Ernawati
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya