Bekuk Persis, Arema Melaju ke Final Piala Presiden 2024

Arema unggul 2-0

Jakarta, IDN Times - Arema FC meraih kemenangan dalam laga semifinal Piala Presiden 2024. Bertemu Persis Solo di Stadion Manahan, Rabu (31/7/2024) malam WIB, skuad berjuluk 'Singo Edan' itu menang 2-0.

Dua gol Arema di laga ini dicetak Charles Lokolingoy (59', 82'). Sepanjang laga, skuad asuhan Joel Cornelli itu tampil efektif, meski tidak dominan.

Di awal-awal babak pertama, laga berjalan seimbang. Arema dan Persis saling melepaskan serangan. Tidak ada yang bermain pasif di fase ini. Mereka bermain aktif dan silih berganti melepaskan serangan.

Namun, pelan-pelan Persis mulai mengambil alih kendali laga. Seiring dengan Arema yang menurunkan intensitas tekanan, Persis mulai lebih dominan dan menguasai bola. Karim Rossi dan Moussa Sidibe mulai mengancam dari sayap.

Memasuki pertengahan babak pertama, dominasi Persis ini masih terasa. Aliran bola dari Sho Yamamoto dan Gonzalo Acosta di tengah makin deras ke lini pertahanan Arema. Rizky Dwi dan Eky Taufik juga mulai membantu dari sayap.

Merespons permainan Persis ini, Arema memperkuat lini pertahanan mereka. Upaya ini berhasil, karena Persis kesusahan masuk kotak penalti mereka. Arema menutup ruang-ruang kreasi para pemain depan Persis Solo.

Di masa-masa akhir babak pertama, situasi masih tidak berbeda jauh. Persis tetap jadi tim yang lebih dominan. Mereka bahkan sudah melepaskan delapan tembakan, berbanding tiga milik Arema di babak pertama ini.

Akan tetapi, gol tak kunjung datang buat Persis. Di sisi lain, Arema FC juga tidak bisa mencetak gol lewat beberapa upaya serangan balik yang mereka lakukan. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, Persis melakukan beberapa perubahan. Mereka memasukkan Althaf Alrizky dan Giovani Numberi. Sedangkan Arema, mereka memasukkan Muhammad Rafli dan Dedik Setiawan.

Beberapa perubahan ini meningkatkan intensitas laga. Arema yang sejatinya bermain pasif, justru mampu membuka keunggulan di babak kedua ini, tepatnya pada menit 59. Semua berawal dari kesalahan kiper Persis, Muhammad Riyandi.

Gara-gara kontrol bola yang kurang ciamik, bola yang tengah dikuasai Riyandi direbut Charles Lokolingoy. Tanpa kesulitan, dia membobol gawang Arema FC, dan membawa tim 'Singo Edan' unggul 1-0 untuk sementara.

Tertinggal satu angka, Persis semakin menggeliat, terutama di pertengahan babak kedua. Mereka memasukkan lagi Ripal Wahyudi, Irfan Jauhari, dan Facundo Aranda untuk menambah lagi intensitas serangan.

Memasuki akhir-akhir babak kedua, Arema berhasil menambah gol. Setelah gol mereka di menit 70 sempat dianulir, tim 'Singo Edan' mencetak gol kedua lagi pada menit 82. Semua berawal dari assist apik Wiliam Da Silva.

Umpan apiknya ini berhasil disontek oleh Lokolingoy, sekaligus jadi gol keduanya di pertandingan ini. Arema unggul 2-0, dan situasi jadi makin nyaman mereka di sisa waktu laga.

Sampai babak kedua tuntas, keunggulan Arema atas Persis tetap bertahan. Tim 'Singo Edan' menang, dan berhak melaju ke final Piala Presiden 2024, melawan Borneo FC Samarinda yang mengalahkan Persija.

Baca Juga: Brasil Connection, Arema FC Datangkan Pelatih Fisik asal Negeri Samba

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya