Bekuk Kamboja, Timnas U-19 Lanjutkan Tren Positif di Piala AFF

Ini membuka jalan Indonesia lolos babak semifinal Piala AF

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan dalam laga kedua fase grup Piala AFF U-19 2024. Bersua Kamboja di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (20/7/2024) malam WIB, Timnas U-19 menang dengan skor 2-0.

Gol-gol di laga ini dicetak Kadek Arel (71') dan Iqbal Gwijangge (86') untuk Timnas U-19. Hasil ini semakin membuka jalan Indonesia untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2024.

Sejak awal babak pertama, Timnas U-19 langsung memegang kendali permainan. Sama seperti ketika melawan Filipina, mereka tidak membiarkan para pemain Kamboja mengembangkan permainan. Mereka menekan Kamboja dengan ketat.

Namun, Kamboja tidak panik. Mereka memperketat lini pertahanan, dan menutup ruang-ruang gerak para pemain Timnas U-19. Hal itu membuat Arkhan Kaka dan kawan-kawan kesusahan menembus pertahanan Kamboja.

Memasuki pertengahan babak pertama, situasi tidak berubah bagi Timnas U-19. Mereka masih mengalami kebuntuan, kendati beberapa kali sukses menembus kotak penalti. Mereka juga ternyata kurang klinis dalam memanfaatkan peluang.

Alhasil, Timnas U-19 langsung mengganti Figo Dennis dengan Welber Jardim, untuk menambah daya gedor. Hadirnya Welber sempat membuat lini serang lebih hidup. Para pemain jadi lebih berani dalam melakukan kombinasi di lini serang.

Akan tetapi, gol tak kunjung datang bagi para pemain Timnas U-19. Terlihat semua skema yang sudah disiapkan skuad Garuda Muda mampu dihalau para pemain Kamboja dengan baik. Situasi ini berlangsung hingga akhir babak pertama.

Di sisa waktu babak pertama, gol tak kunjung dicetak oleh para pemain Timnas U-19. Di sisi lain, Kamboja juga tidak banyak menciptakan peluang berbahaya. Skor 0-0 pun bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Timnas U-19 masih bermain agresif. Usai memasukkan Welber di babak pertama, di babak kedua ini mereka memasukkan Kafiatur Rizky dan Jens Raven untuk menambah daya gedor di lini depan.

Hadirnya dua pemain ini memberi dimensi baru bagi lini serang Timnas U-19. Namun, bukan berarti Kamboja juga tak ada perubahan. Mereka mulai beberapa kali bisa menembus kotak penalti Timnas U-19, lantaran lebih berani menekan balik.

Memasuki pertengahan babak kedua, Timnas U-19 akhirnya bisa mencatatkan keunggulan atas Kamboja. Pada menit 71, bermula dari situasi sepak pojok Kafiatur, Kadek Arel membobol gawang Kamboja lewat sundulannya. Skor berubah 1-0.

Unggul satu angka menjadikan Timnas U-19 lebih lepas dalam bermain. Sekarang, tekanan mereka jadi lebih bervariasi, dan hal tersebut membuat Kamboja makin kerepotan. Namun, Kamboja tidak menyerah. Mereka tetap mencari gol.

Di sisa akhir waktu babak kedua, Timnas U-19 tetap mencari gol kedua. Namun, mereka tidak tergesa-gesa dalam menyerang. Mereka mengatur tempo sedemikian rupa, dan coba memancing Kamboja keluar dari area pertahanan.

Gol kedua pun hadir pada menit 86 bagi Timnas U-19. Kembali dari situasi sepak pojok Kafiatur, sekarang giliran Iqbal Gwijangge yang berhasil membobol gawang Kamboja. Skor berubah 2-0.

Hingga babak kedua tuntas, Timnas U-19 dan Kamboja sama-sama gagal mencetak gol tambahan. Alhasil, skor 2-0 tetap bertahan, menandai kemenangan kedua Indonesia di Piala AFF U-19 2024 ini.

Baca Juga: Tolong Jangan Puji Timnas U-19 Secara Berlebihan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya