Bayern Muenchen Berpotensi Disingkirkan RB Salzburg di Liga Champions

Salzburg punya pertahanan apik berpadu skema pressing ciamik

Jakarta, IDN Times - Bayern Muenchen akan melakoni laga berat di leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2021/22. Mereka akan menjamu RB Salzburg di Allianz Arena, Rabu (9/3/2022) dini hari WIB.

Banyak yang mengira, Bayern akan mudah mengatasi perlawanan RB Salzburg. Nyatanya tidak demikian. Salzburg justru membuat mereka ketar-ketir. Bahkan, Salzburg sempat unggul lebih dulu, sebelum akhirnya Kingsley Coman menyamakan kedudukan.

Nah, di laga nanti, Salzburg tetap punya potensi untuk mempersulit atau menundukkan Bayern. Berikut alasan-alasan kenapa Salzburg punya peluang untuk membuat Bayern terkencing-kencing di laga nanti.

1. Salzburg menerapkan skema pressing dan pertahanan apik

Bayern Muenchen Berpotensi Disingkirkan RB Salzburg di Liga Championspotret pemain Red Bull Salzburg (90min.com)

Salzburg menerapkan pertahanan yang apik di leg pertama lalu. Berkat pertahanan apik ini, winger-winger Bayern kesulitan menerobos kotak penalti. Tidak hanya itu, Thomas Mueller juga kehilangan ruang untuk berkreasi.

Skema pertahanan apik ini berpadu dengan skema pressing yang ciamik. Mereka tidak ragu memberikan tekanan pada para pemain Bayern, terutama ketika bola memasuki area tengah. Gara-gara ini, Bayern juga kesulitan mengembangkan permainan.

Jika bisa menerapkan skema yang sama, Salzburg kemungkinan besar bakal menundukkan Bayern. Apalagi, Bayern di bawah asuhan Julian Nagelsmann acap kelimpungan melawan tim-tim yang bertahan rendah.

Baca Juga: 7 Pemain Muda RB Salzburg yang Menarik Diamati pada 2021/2022

2. Salzburg punya serangan vertikal ciamik

Bayern Muenchen Berpotensi Disingkirkan RB Salzburg di Liga ChampionsAksi Kinglsey Coman dalam pertandingan RB Salzburg melawan Bayern Munchen di Liga Champions. (twitter.com/SquawkaNews)

Selain memiliki skema pressing dan pertahanan apik, Salzburg juga memiliki serangan vertikal ciamik. Aliran bola mereka sangat cepat. Para pemain seakan sudah tahu, ke mana bola mesti dialirkan. Alhasil, Salzburg pun tampak memiliki serangan balik apik.

Serangan-serangan balik inilah yang jadi hantu bagi Bayern di leg pertama. Apalagi, mereka juga kerap meninggalkan ruang kosong di lini pertahanan. Salah satu serangan itu bahkan berbuah gol yang membuat Bayern ketar-ketir.

Jika menerapkan skema yang sama, Salzburg punya kemungkinan besar untuk menundukkan Bayern. Perpaduan pertahanan apik dan serangan balik cepat, adalah masalah bagi skuad Die Roten.

3. Bayern tengah berada dalam tren negatif

Bayern Muenchen Berpotensi Disingkirkan RB Salzburg di Liga ChampionsKarim Adeyemi bersama RB Salzburg di Austria. (24hoursworld.com)

Saat ini, Bayern sendiri tengah berada dalam tren yang buruk. Terbaru, di Bundesliga, Bayern ditahan imbang oleh Bayer Leverkusen. Di sisi lain, dominasi Salzburg di Bundesliga Austria masih belum tertahankan.

Memang, dari segi rekor pertemuan, Bayern Muenchen masih unggul dari RB Salzburg dalam lima laga terakhir di semua kompetisi. Namun, menilik apa yang terjadi di leg pertama, Salzburg punya potensi besar untuk membungkam Bayern.

Baca Juga: Dilatih Nagelsmann, Inilah 5 Kekalahan yang Dialami oleh Bayern Munich

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya