Bali United Bisa Juara Liga 1 Akibat Keunggulan Head-to-Head

Bali United berpeluang jadi juara musim ini

Jakarta, IDN Times - Bali United mendadak jadi buah bibir di penghujung Liga 1 musim 2021/22. Tim asuhan Stefano 'Teco' Cugurra itu melesat dan menjadi salah satu kandidat juara kompetisi usai tampil impresif dalam beberapa pertandingan terakhir.

Sejauh ini, Bali United sukses menorehkan rekor impresif di Liga 1 2021/22. Mereka tidak terkalahkan dalam 22 laga. Serdadu Tridatu sukses mengumpulkan 37 poin dalam 13 laga terakhir. Tak heran, mereka jadi pemuncak klasemen saat ini.

Tidak hanya itu, ada satu hal lagi yang bisa membawa Bali United unggul dalam perburuan gelar juara musim ini. Mereka memiliki catatan head-to-head yang bagus dengan para pesaingnya, termasuk Persib Bandung.

1. Catatan head-to-head Bali United

Bali United Bisa Juara Liga 1 Akibat Keunggulan Head-to-HeadBali United meraih kemenangan atas Persik 1-0 dalam laga perdana di Liga 1 2021/2022, Jumat (27/8/2021). (ANTARA/Aditya Pradana Putra/rwa).

Catatan head-to-head Bali United terbilang perkasa. Dengan Persib Bandung, mereka tak pernah kalah dengan sekali menang dan imbang di satu laga lainnya. Tak heran, meski poinnya sama, Bali United unggul atas Persib.

Bali United juga unggul secara head-to-head saat disandingkan dengan Bhayangkara FC. Dalam dua pertemuan, Bali United unggul dengan total agregat head-to-head 4-2. Sementara itu, melawan Arema, Bali United masih dalam situasi imbang usai hasil 0-0 tercipta di pertemuan pertama.

Head-to-head buruk Bali United hanya terjadi saat bersua Persebaya Surabaya. Di pertemuan pertama, mereka kalah 1-3. Alhasil, pada pertemuan kedua nanti, mereka harus meraih kemenangan, minimal dengan skor serupa, agar head-to-head dengan Persebaya minimal jadi imbang.

Baca Juga: PSSI akan Tindak Tegas Bruno Casimir Soal Insiden Gol Aneh di Liga 3

2. Liga 1 2021/22 terapkan aturan head-to-head

Bali United Bisa Juara Liga 1 Akibat Keunggulan Head-to-HeadLogo BRI Liga 1 2021/22 (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Sistem head-to-head memang menjadi penentu posisi klasemen di Liga 1 dan tertuang dalam regulasi musim 2021/22, tepatnya pada pasal 9 ayat 4 soal Sistem Kompetisi. Disebutkan, apabila ada dua klub atau lebih memiliki jumlah poin sama, penentuan peringkat paling pertama ditentukan lewat head-to-head.

Head-to-head ini disusun berdasarkan urutan kriteria tertentu, yaitu:

1) jumlah poin yang lebih tinggi didapat masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah poin yang sama.

2) selisih gol yang lebih baik dari masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah poin yang sama.

3) jumlah gol memasukkan masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah poin yang sama dengan tidak memperhitungkan keuntungan gol tandang.

3. Bali United masih akan bersua lawan-lawan berat

Bali United Bisa Juara Liga 1 Akibat Keunggulan Head-to-HeadBali United vs Persiraja. (baliutd.com)

Di sisa laga Liga 1 2021/22 nanti, Bali United masih akan bersua lawan-lawan berat. Selain Arema FC, ada Persebaya yang sudah menunggu mereka. Bali United juga bakal bersua Madura United dan Persik Kediri yang merepotkan.

Alhasil, konsistensi perlu ditunjukkan oleh skuad Bali United. Jika meraih hasil positif di laga-laga selanjutnya, Ilija Spasojevic dan kolega akan memiliki keunggulan head-to-head. Akan tetapi, semua juga tergantung hasil yang didapat lawan-lawan mereka nantinya.

Baca Juga: Bali United Masih Nyaman di Puncak Klasemen Liga 1

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya