Azrul: 7 Tahun Pimpin Persebaya, Baru Sekarang Liga 1 Sesuai Jalur

Bos Persebaya puji transformasi di Liga 1

Jakarta, IDN Times - Chief Executive Officer (CEO) Persebaya, Azrul Ananda memuji perubahan dan pembaruan di Liga 1 2024/2025. Menurutnya, selama dia memimpin Bajul Ijo, baru kali ini kompetisi sesuai jalur.

"Sudah tujuh tahun membina Persebaya, baru kali ini saya menatap kompetisi Liga Indonesia sudah sesuai jalur ya," ujar Azrul dalam keterangan resmi.

1. PSSI kini mampu mengultimatum LIB

Azrul: 7 Tahun Pimpin Persebaya, Baru Sekarang Liga 1 Sesuai JalurErick Thohir ketika hadir dalam launching Liga 1 2024/25, Selasa (6/8/2024). (IDN Times/Tino).

Azrul mengungkapkan, jika dulu banyak janji-janji yang tidak terealisasi dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), sekarang situasinya berbeda. Di bawah Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI, federasi bisa menekan LIB.

"Jika dulu banyak janji bahwa liga akan ada perbaikan yang tak terealisasi, kini di bawah Pak Erick, PSSI mampu mengultimatum operator (LIB) untuk mengeksekusi banyak perubahan di liga," ujar Azrul.

Baca Juga: 3 Lawan Perdana Persebaya Surabaya pada Agustus 2024

2. Apa saja perubahan di liga yang Azrul lihat?

Azrul: 7 Tahun Pimpin Persebaya, Baru Sekarang Liga 1 Sesuai JalurPenggawa Persebaya, Toni Firmansyah. (Dok. Persebaya)

Azrul melihat, perubahan di musim ini meliputi jadwal kompetisi yang lebih pasti, perizinan yang mudah, wasit yang fair, serta penggunaan VAR. Ini jadi tahap awal perubahan yang bagus, sepanjang semua stakeholder di Liga 1 mau menjalankan.

"Yang pasti, Persebaya optimistis akan perubahan yang terjadi. Klub itu ibarat perusahaan. Jadi jika penjadwalan pasti dan izin jelas, maka kami sebagai pengelola bisa mengatur klub sebaik mungkin, bahkan lebih profesional," kata Azrul.

Dia juga melihat, di bawah kepemimpinan Erick, sepak bola nasional mulai meroket lewat perubahan manajemen di PSSI dan Timnas. Nah, dengan adanya perubahan di liga, dia ingin agar klub-klub juga turut berubah.

"Kini saatnya klub-klub ikut perubahan dan melesat bersama. Jangan menjadi beban, sebab saya lihat arah perubahan yang dibawa Ketum PSSI ini ingin menaikkan kualitas liga kita di ASEAN dan Asia. Jadi harus didukung habis," ujar Azrul.

3. Persebaya siap berubah ke arah lebih baik

Azrul: 7 Tahun Pimpin Persebaya, Baru Sekarang Liga 1 Sesuai JalurBek asing baru Persebaya, Slavko Damjanovic. Instagram @officialpersebaya.

Azrul juga menyatakan, Persebaya yang sudah berusia 97 tahun dan makin dikelola secara profesional siap mengikuti percepatan yang dilakukan PSSI dan PT LIB. Semua agar mutu Liga 1 bisa bersaing dengan liga-liga di kawasan regional.

"Persebaya siap melompat untuk perubahan. Namun jika boleh usul, meski secara umum belum bisa hadir tandang, tapi khusus untuk para suporter di Liga 1 yang klubnya bersahabat, mungkin bisa dapat keringanan untuk bisa hadir saat tandang," kata Azrul.

Baca Juga: Persija Apresiasi Langkah PSSI Tingkatkan Kualitas Liga 1

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya