Asnawi Comeback Bela Timnas, Main Cuma Sebentar

Asnawi Mangkualam mentas lagi bersama Indonesia

Jakarta, IDN Times - Setelah absen dalam dua laga uji coba di Turki, Asnawi Mangkualam akhirnya kembali mentas bersama Timnas Indonesia. Dia turun gelanggang saat Pasukan Garuda melawan Iran di Qatar, Selasa (9/1/2024) malam WIB.

Di laga ini, Asnawi mentas di babak kedua. Kendati hanya main selama 20 sampai 30 menit, hal itu jadi sesuatu yang menyenangkan. Akhirnya, ada kejelasan mengenai kondisi penggawa Jeonnam Dragons tersebut jelang Piala Asia 2023.

1. Shin Tae Yong ingin cek kondisi Asnawi

Asnawi Comeback Bela Timnas, Main Cuma SebentarPotret Shin Tae Yong saat Timnas Indonesia melawan Iran, Selasa (9/1/2024). (pssi.org).

Pelatih Timnas, Shin Tae Yong, menyatakan ada alasan tersendiri kenapa hanya memainkan Asnawi selama 30 menit di laga ini. Dia mengaku, ingin mengecek kondisi eks pemain PSM Makassar itu.

"Memang, dia hanya saya mainkan selama 20 sampai 30 menit di laga ini, karena ingin cek kondisinya seperti apa setelah kemarin absen," ujar Shin saat ditemui selepas laga lawan Iran.

Baca Juga: Soal Cedera Asnawi Mangkualam, Exco PSSI: Coba Tanya Fuji

2. Benarkan Asnawi sempat alami cedera

Asnawi Comeback Bela Timnas, Main Cuma SebentarKapten Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, saat dijaga Alejandro Garnacho serta Marcos Acuna. (IDN Times/Tata Firza)

Shin juga membenarkan, absennya Asnawi dalam dua laga uji coba lawan Libya di Turki karena cedera. Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu menyebut, Asnawi mengalami cedera otot.

"Asnawi memang kemarin mengalami cedera di otot, jadi fokus ke pemulihan dulu selama TC sehingga absen lawan Libya," kata Shin.

3. Bertambahnya opsi di sisi kanan

Asnawi Comeback Bela Timnas, Main Cuma SebentarAksi kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, saat berduel dengan Marcos Acuna (IDN Times / Tata Firza)

Dengan mentasnya Asnawi di laga lawan Iran, opsi Shin di sisi kanan Timnas bertambah. Dalam dua laga lawan Libya, sudah ada beberapa pemain yang sempat dicoba untuk bermain di posisi ini.

Yakob Sayuri, Sandy Walsh, hingga Witan Sulaeman, sempat dicoba di posisi tersebut. Sekarang, ada Asnawi yang siap kembali mengisi posisi di sisi kanan Timnas jelang Piala Asia 2023.

Baca Juga: Shin Tae Yong Klaim Asnawi Layak Naik Kelas di Korea Selatan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya