Arkhan Kaka, dari Pemain Muda Liga 1 ke Piala Dunia U-17

Arkhan Kaka bersinar di Piala Dunia U-17

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-17 yang tampil di Piala Dunia U-17 2023 ternyata bertaburan para pemain yang berkompetisi di BRI Liga 1. Total, ada 12 pemain dari kompetisi kasta tertinggi Indonesia yang masuk skuad Timnas U-17, termasuk Arkhan Kaka.

Kaka merupakan penyerang muda dari Persis Solo. Dia sudah mencatatkan debut bersama Persis di BRI Liga 1 pada April 2023 saat melawan Persib Bandung. Dia jadi pemain termuda yang debut di Liga 1 dengan usia 15 tahun, tujuh bulan, dan dua hari.

Sepak terjang Kaka di Piala Dunia U-17 2023 juga cukup menjanjikan. Melawan tim-tim kelas dunia, dia tampil tajam.

1. Arkhan Kaka subur di Piala Dunia U-17 2023

Arkhan Kaka, dari Pemain Muda Liga 1 ke Piala Dunia U-17Arkhan Kaka (instagram.com/arkhan8kaka)

Selama melakoni laga fase grup Piala Dunia U-17 2023, Kaka terbilang subur. Dia mencetak dua gol dari tiga laga yang dilalui Garuda Muda, yakni saat melawan Ekuador dan Panama. Dalam dua laga itu, Indonesia bermain imbang 1-1.

Melawan Panama, Kaka mencetak gol penyelamat Timnas U-17. Sedangkan saat lawan Ekuador, dia mencetak gol yang sukses membawa Timnas U-17unggul.

Baca Juga: Arkhan Kaka, Pemecah Rekor Indonesia dalam Sejarah Piala Dunia

2. Gol tidak penting, kemenangan tim penting

Arkhan Kaka, dari Pemain Muda Liga 1 ke Piala Dunia U-17Arkhan Kaka (pssi.org)

Kaka mengatakan, sebagai pemain depan tugasnya memang mencetak gol, tapi yang utama adalah kemenangan tim. Sayang, langkah Indonesia terhenti di penyisihan grup. Meski begitu, perjuangan Kaka dan kolega di Piala Dunia U-17 patut dipuji.

"Terpenting adalah kami kerja keras lagi dan saya mengerjakan tugas sebagai pemain untuk tim," kata Arkhan Kaka dalam keterangan resmi.

3. BRI mendukung pesepak bola Indonesia berkembang

Arkhan Kaka, dari Pemain Muda Liga 1 ke Piala Dunia U-17Gelaran Liga 1 2023/24. (Dok. BRI)

Direktur Utama BRI, Sunarso, mengatakan pihaknya memberi dukungan yang sejalan dengan tujuan diselenggarakannya Piala Dunia U-17 2023, yakni menjadi wadah pesepak bola muda Indonesia berprestasi.

Menurutnya, dukungan dari BRI merupakan bagian dari pembentukan generasi emas sepak bola Indonesia di masa depan. Hal itu juga sejalan dengan tagar Liga 1, yaitu #BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola.

"BRI akan selalu mendukung kemajuan sepak bola Indonesia serta membantu mewujudkan cita-cita talenta muda sepak bola Indonesia untuk dapat berlaga dan mencatatkan prestasi di kancah global, salah satunya lewat Liga 1," tutur Sunarso.

Baca Juga: Raih Gelar IFeL, Borneo FC Dijagokan Juara Liga 1 2023/24

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya