Amar Brkic Absen Saat Timnas U-17 vs Ekuador, Ternyata Ini Alasannya!

Amar Brkic diparkir lawan Ekuador, disiapkan lawan Panama

Jakarta, IDN Times - Saat para pemain Timnas Indonesia U-17 berjuang di laga perdana Grup A Piala Dunia U-17 2023 lawan Ekuador pada Jumat (10/11/2023), Amar Brkic justru mendapati hal berbeda. Dia harus absen dan tak ikut berjuang.

Brkic sejatinya masuk dalam susunan pemain Timnas U-17 yang dibawa Bima Sakti, sang pelatih, untuk melawan Ekuador. Akan tetapi, penggawa Hoffenheim itu tidak dimainkan Bima. Beda hal dengan Welber Jardim yang terlibat sejak awal.

Kenapa Brkic absen di laga ini? Bima pun memberikan penjelasan.

1. Amar Brkic kena diare

Amar Brkic Absen Saat Timnas U-17 vs Ekuador, Ternyata Ini Alasannya!Amar Brkic (pssi.org)

Dalam sesi jumpa pers selepas laga, Bima menjelaskan bahwa Brkic terkena diare selama dua hari terakhir. Selama dua hari itu, dia juga tidak melakoni sesi latihan bersama tim. Alhasil, dia terpaksa memarkir Brkic di laga ini.

"Amar Brkic ini sakit diare selama dua hari terakhir, dan selama dua hari dia tidak latihan. Jadi, tidak mungkin kita memaksakan untuk memasangnya di laga ini, takut kondisinya lebih memburuk," kata Bima.

Baca Juga: Amar Rayhan Brkic Terharu Bisa Bela Timnas Indonesia U-17

2. Amar Brkic masih harus beradaptasi

Amar Brkic Absen Saat Timnas U-17 vs Ekuador, Ternyata Ini Alasannya!Pemain Timnas Indonesia U-17, Amar Brkic, saat berlatih di Stadion Gelora 10 November Tambaksari (IDN Times / Fauzan)

Bima mengaku, penyebab Brkic terkena diare ini adalah karena dia masih harus beradaptasi. Bagaimanapun, dia baru tiba di tanah air dan harus menyesuaikan diri dengan iklim serta makanan di Indonesia.

"Amar itu dari luar, itu juga (diare) terjadi sama Welber dulu pertama-tama, termasuk Coach Frank, Coach Frank juga begitu kondisinya, ya memang ya kalau dari Eropa mungkin butuh adaptasi," kata Bima.

3. Tanpa Amar Brkic, Timnas U-17 tahan Ekuador

Amar Brkic Absen Saat Timnas U-17 vs Ekuador, Ternyata Ini Alasannya!Amar Rayhan Brkic, diaspora baru di Timnas U-17. (Dok. PSSI)

Meski tanpa kehadiran Amar, Timnas U-17 mampu menahan imbang Ekuador di Gelora Bung Tomo. Bahkan, mereka mampu unggul lebih dulu lewat gol Arkhan Kaka, sebelum akhirnya disamakan Allen Obando.

Bima berujar, dia akan coba memaksimalkan Amar di laga lawan Panama nanti. Dia berharap, kondisi penggawa Hoffenheim itu sudah lebih baik di laga tersebut.

"Ya, semoga Amar Brkic bisa lebih baik nanti saat persiapan Timnas U-17 lawan Panama. Ya mungkin kita bisa coba dia," ujar Bima.

Baca Juga: Amar Brkic Tak Diturunkan Lawan Ekuador karena Sakit

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya