Alasan Timnas U-20 Bekuk Argentina: Dibina Tak Cuma Teknis

Timnas U-20 tak cuma soal teknis

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-20 baru saja meraih kemenangan apik di Seoul Earth On Us Cup 2024. Dalam laga perdana di Mokdong Stadium, Rabu (28/8/2024), Timnas U-20 menang 2-1 atas Argentina.

Pelatih Timnas U-20 Indra Sjafri membeberkan rahasia di balik moncernya performa Kadek Arel dan kawan-kawan di laga tersebut. Dia mengungkapkan, para pemain tidak dibina secara teknis semata.

1. Ada aspek edukasi yang diberikan

Alasan Timnas U-20 Bekuk Argentina: Dibina Tak Cuma TeknisPotret TC Timnas Indonesia U-20 di Korea Selatan. (pssi.org).

Selain membina secara teknis, Indra mengatakan aspek edukasi para pemain juga jadi fokus perhatian staf pelatih. Mereka juga dibantu psikolog, para pelatih, dan juga para ofisial yang membantu perkembangan tim.

"Ada berbagai aspek edukasi yang kita berikan. Kita didampingi oleh orang-orang yang berkompeten, mulai dari psikolog, para pelatih yang bagus, ada juga ofisial-ofisial yang mendukung mulai dari dokter dan lain sebagainya," ujar Indra.

Baca Juga: Bekuk Argentina, Timnas U-20 Harus Tetap Pakai Ilmu Padi

2. Mengenali karakter pemain

Alasan Timnas U-20 Bekuk Argentina: Dibina Tak Cuma TeknisTimnas U-20 di Seoul Earth On Us Cup 2024. (pssi.org)

Indra juga mengungkapkan, aspek lain yang membuat Timnas U-20 tampil ciamik adalah karena dirinya mengenal karakter para pemain. Dengan mengenal karakter pemain, mengembangkan pemain jadi sesuatu yang bisa dilakukan.

"Perlahan kita tahu persis karakter, kualitas teknis, dan kepribadian mereka masing-masing, dan dari semua rangkuman itu, kita coba mengembangkan mereka supaya mereka semua bisa menampilkan performa yang baik," ujar Indra.

3. Timnas U-20 tatap laga selanjutnya

Alasan Timnas U-20 Bekuk Argentina: Dibina Tak Cuma TeknisPotret Timnas U-20 TC di Korea Selatan. (pssi.org).

Selepas lawan Argentina, Timnas U-20 dipastikan tidak akan berpangku tangan. Indra menyebut, para pemainnya sekarang akan menjalani proses pemulihan lebih dulu, sembari evaluasi laga lawan Argentina kemarin.

"Setelah selesai melawan Argentina, para pemain Timnas U-20 ini ada pemulihan, karena jarak antar pertandingan cuma satu hari. Kita juga ada diskusi untuk laga kemarin, evaluasi, dan persiapan game plan untuk laga lawan Thailand," ujar Indra.

Baca Juga: Comeback, Timnas U-20 Bekuk Argentina

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya