Ada Lemparan ala Pratama Arhan dalam Kemenangan Inggris dari Slovakia

Inggris pakai cara Pratama Arhan

Jakarta, IDN Times - Inggris berhasil keluar dari situasi sulit saat bersua Slovakia pada babak 16 besar Euro 2024, Minggu (30/6/2024). Main di Veltins Arena, mereka menang dengan skor 2-1. Ternyata, ada lemparan ala Pratama Arhan dalam kemenangan mereka.

Sepanjang waktu normal, Inggris sejatinya tertinggal 0-1 dari Slovakia lewat gol Ivan Schranz. Beragam cara mereka lakukan untuk mencetak gol, tetapi tak ada yang berhasil hingga menit 90+5.

Akhirnya, Inggris menggunakan lemparan ala Pratama Arhan untuk mencetak gol. Mereka mengandalkan lemparan ke dalam yang jauh, sehingga berbuah situasi kemelut yang menjadi gol.

1. Kyle Walker jadi eksekutor lemparan ke dalam

Ada Lemparan ala Pratama Arhan dalam Kemenangan Inggris dari SlovakiaKyle Walker (kiri) berusaha merebut bola. (uefa.com)

Pada menit 90+5, Kyle Walker menjadi eksekutor lemparan ke dalam Inggris. Dia memberi lemparan ke dalam yang jauh. Ini persis seperti yang biasa Pratama Arhan lakukan bersama Timnas Indonesia.

Bedanya, Walker tak perlu mengambil ancang-ancang jauh agar bola lemparannya masuk kotak penalti Slovakia. Bola ini dipantulkan Marc Guehi. Ia sukses dieksekusi Jude Bellingham menjadi gol penyama kedudukan Inggris.

Baca Juga: 3 Fakta Unik Usai Inggris Benamkan Slovakia di Euro 2024

2. Titik balik Inggris di laga melawan Slovakia

Ada Lemparan ala Pratama Arhan dalam Kemenangan Inggris dari SlovakiaInggris vs Slovakia di Euro 2024 (uefa.com)

Lemparan ke dalam apik Walker, yang berujung gol penyama kedudukan Bellingham, jadi titik balik kebangkitan Inggris di laga ini. Mereka langsung tampil menyengat pada babak tambahan pertama. Kebetulan pertandingan memang imbang pada waktu normal.

Pada babak ini, Harry Kane yang buntu sepanjang waktu normal jadi pemecah kebuntuan Inggris lewat sundulannya. Mereka bahkan mempertahankan keunggulan 2-1 sampai laga tuntas. Inggris menang tipis.

3. Sudah ditunggu Swiss di perempat final

Ada Lemparan ala Pratama Arhan dalam Kemenangan Inggris dari SlovakiaTimnas Swiss di Euro 2024 (uefa.com)

Pada perempat final Euro 2024 nanti, Inggris sudah ditunggu lawan berat. Mereka kudu berhadapan dengan Swiss. Mereka tim yang berhasil mengalahkan Italia pada babak 16 besar dengan skor 2-0.

Perlu dicatat, Swiss juga yang sukses menahan imbang tuan rumah, Jerman, di laga grup Euro 2024. Bisakah Inggris mengatasi pasukan Murat Yakin itu? Akankah lemparan ke dalam ala Pratama Arhan muncul lagi?

Inggris dan Swiss akan bertemu pada Sabtu (6/7/2024). Mereka bertanding di Merkur Spiel-Arena. Jika menang, maka Inggris bisa ke semifinal.

Baca Juga: Inggris Menang dari Slovakia Lewat Babak Tambahan

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya