3 Fakta Menarik Spanyol vs Prancis di Semifinal Euro 2024

Spanyol akan jumpa Prancis

Jakarta, IDN Times - Euro 2024 akhirnya memasuki semifinal. Laga Spanyol lawan Prancis jadi penanda dimulainya semifinal turnamen sepak bola terbesar antar Eropa tersebut tahun ini.

Merunut jadwal, laga Spanyol lawan Prancis di semifinal Euro 2024 ini bakal dihelat di Allianz Arena, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB. Ada beberapa fakta menarik jelang laga yang mesti diperhatikan. Apa saja itu?

1. Spanyol lebih unggul secara head to head

3 Fakta Menarik Spanyol vs Prancis di Semifinal Euro 2024Spanyol melawan Prancis di final UEFA Nations League 2021. (uefa.com)

Dalam enam pertemuan terakhir kedua tim di semua ajang, Spanyol sedikit lebih unggul atas Prancis. Total, mereka memenangi tiga dari enam pertemuan itu, termasuk dalam laga persahabatan pada 2017 silam.

Sedangkan, Prancis hanya menang dua kali dari enam pertemuan tersebut, dan sisa satu laga berakhir imbang. Nah, dalam duel terakhir kedua tim di UEFA Nations League 2021 silam, Prancis menang 2-1.

Baca Juga: Spanyol Mendadak Membosankan di Euro 2024: Yang Penting Menang

2. Spanyol lebih baik di semifinal ketimbang Prancis

3 Fakta Menarik Spanyol vs Prancis di Semifinal Euro 2024Instagram

Bicara tentang catatan di semifinal Euro, Spanyol lebih baik ketimbang Prancis. Dalam lima laga semifinal Euro yang pernah dilalui, Spanyol menang empat kali. Hanya sekali mereka kalah, yaitu pada 2020 silam saat lawan Italia.

Sementara, Prancis agak sedikit keteteran saat semifinal Euro. Dari lima semifinal terakhir, mereka hanya menang tiga kali. Dua laga lain berakhir kekalahan, saat mereka bersua Yugoslavia pada 1960, serta Republik Ceko pada 1996 silam.

3. Duel tim produktif dan tim yang kuat bertahan

3 Fakta Menarik Spanyol vs Prancis di Semifinal Euro 2024Spanyol melawan Prancis di final UEFA Nations League 2021. (uefa.com)

Laga Spanyol lawan Prancis di semifinal Euro 2024 juga jadi ajang pertemuan tim yang paling kuat dalam bertahan, serta tim paling produktif saat menyerang. Pertahanan Prancis harus diakui, tangguh selama Euro 2024.

Total, Prancis hanya kebobolan sekali selama Euro 2024, yaitu saat lawan Polandia. Nah, mereka akan bersua Spanyol yang sangat produktif, lewat torehan 11 gol mereka di turnamen ini. Nah, siapa yang akan menang?

Baca Juga: Menilik 4 Pertemuan Spanyol dan Prancis di Euro, Siapa Dominan?

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya