3 Catatan Unik Jelang Prancis Lawan Belanda di Euro 2024

Prancis bersua Belanda di Euro 2024

Jakarta, IDN Times - Laga besar kembali akan tersaji di fase grup Euro 2024, Sabtu (22/6/2024) dini hari WIB. Bertempat di Red Bull Arena, Prancis akan bersua dengan Belanda.

Laga ini akan jadi penentuan siapa yang lolos ke babak 16 besar lebih dulu. Saat ini, Belanda dan Prancis sama-sama mengoleksi tiga poin, hasil dari satu kemenangan di laga perdana.

Jelang laga nanti, ada beberapa catatan unik yang layak untuk disimak. Apa sajakah itu?

1. Belanda dan Prancis sama-sama ditukangi juara Euro

3 Catatan Unik Jelang Prancis Lawan Belanda di Euro 2024Ronald Koeman sempat menukangi Southampton dan Everton. (twitter.com/RonaldKoeman)

Laga Prancis lawan Belanda nanti akan jadi momen adu taktik eks juara Euro, Didier Deschamps dan Ronald Koeman. Ketika jadi pemain, kedua sosok itu pernah mengecap juara Euro.

Deschamps juara bersama Prancis pada Euro 2000, sedangkan Koeman juara bersama Belanda di Euro 1988. Berbekal pengalaman mereka, duel nanti diprediksi akan berjalan menarik.

Baca Juga: Kylian Mbappe Ikut ke Leipzig Jelang Prancis vs Belanda

2. Kuncinya ada pada Kylian Mbappe

3 Catatan Unik Jelang Prancis Lawan Belanda di Euro 2024Kylian Mbappe mengalami cedera. (uefa.com)

Salah satu kunci laga Prancis lawan Belanda nanti ada pada Kylian Mbappe. Terbaru, beredar foto eks penggawa AS Monaco dan Paris Saint-Germain (PSG) itu mengenakan topeng khusus, menutupi hidungnya yang cedera.

Jika Mbappe bermain, Belanda akan kerepotan. Sebab, dalam enam pertemuan terakhir Mbappe dan Belanda, dia sukses mencetak lima gol. Dia akan jadi salah satu faktor penentu bagi Prancis di laga nanti.

3. Belanda sulit mengalahkan Prancis di lima laga terakhir

3 Catatan Unik Jelang Prancis Lawan Belanda di Euro 2024Timnas Belanda (x.com/OnsOranje)

Belanda dihantui catatan buruk saat lawan Prancis. Total, kedua tim sudah bertemu 30 kali di laga internasional. Prancis unggul dengan catatan 16 kemenangan, unggul dari Belanda yang hanya 11 kali menang.

Dalam lima laga terakhir, Belanda juga hanya sekali menang lawan Prancis, yakni pada UEFA Nations League 2018 silam. Sisanya, skuad Oranje kalah empat kali setiap bersua tim berjuluk Ayam Jantan tersebut. Akankah catatan itu berubah di Euro 2024 ini?

Baca Juga: Mbappe Absen saat Prancis vs Belanda Gegara Hidung Patah

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya