Martinator Dominasi MotoGP San Marino, Ukir Rekor dan Kemenangan Ganda

Spaniard berjaya di tanah Italia

Akhir pekan balap di seri MotoGP 2023 San Marino jadi milik Jorge Martin. Pembalap tim Prima Pramac Racing itu tampil dominan di Sirkuit Misano. Pada Sabtu dan Minggu (9—10/9/2023), The Martinator memuncaki semua tangga perlombaan.

“Memenangkan balapan kandang Ducati dan melakukannya bersama tim Italia di Misano sungguh luar biasa! Aku sangat senang!” kata Martin seperti dilansir Speedweek.

Jorge Martin meraup hasil yang hanya sedikit pembalap bisa meraihnya. Ia memecahkan rekor putaran, merebut pole position, memenangi sprint race, lalu jadi kampiun saat main race. Bagaimana kisahnya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Pecahkan all time lap record Sirkuit Misano

Martinator Dominasi MotoGP San Marino, Ukir Rekor dan Kemenangan Gandapotret Jorge Martin (motogp.com)

Rekor putaran di Sirkuit Misano sejatinya diperebutkan oleh dua pembalap. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) mencetak rekor pada sesi latihan hari Jumat dengan catatan waktu 1 menit 30,842 detik. Ini rekor putaran anyar di lintasan sepanjang 4,2 km tersebut.

Namun, rekor Bezzecchi tak bertahan lama. Pada hari berikutnya di sesi kualifikasi, Jorge Martin mencatatkan waktu 1 menit 30,832 detik untuk unggul tipis. Seolah tak puas, Martin memperbaiki catatan waktunya. Ia kemudian meraih catatan waktu 1 menit 30,390 detik dan mencetak all time lap record di Sirkuit Misano.

Baca Juga: Hasil MotoGP San Marino: Jorge Martin Berkuasa, Bagnaia Ketiga

2. Martin genggam pole position

Martinator Dominasi MotoGP San Marino, Ukir Rekor dan Kemenangan GandaJorge Martin (motogp.com)

Dengan catatan waktu yang fantastis tersebut, terang saja sesi kualifikasi jadi milik Jorge Martin. Spaniard menggenggam pole position pertamanya musim ini. Ia memulai balapan dari urutan terdepan di MotoGP San Marino.

Posisi start ini menguntungkan bagi Martin. Ia berada di depan dua pembalap tuan rumah, Marco Bezzecchi dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang start tepat di belakangnya. Martin punya kans menjauh sejak putaran awal.

3. Jorge Martin kuasai balapan sprint

Martinator Dominasi MotoGP San Marino, Ukir Rekor dan Kemenangan Gandapotret Jorge Martin (motogp.com)

Jorge Martin pun tak menyia-nyiakan keunggulannya. Start paling depan, Martin memulai balapan dengan apik. Ia langsung melaju dan memimpin jalannya balapan.

Francesco Bagnaia dan Marco Bezzecchi sempat memberikan perlawanan pada Martin. Namun, Martinator tampil terlalu perkasa. Usai melahap 13 lap, Martin unggul dan menjadi kampiun sesi sprint dengan jarak 1,445 detik dari Bezzecchi.

4. Martinator dominan saat sesi main race

Martinator Dominasi MotoGP San Marino, Ukir Rekor dan Kemenangan Gandapotret Jorge Martin (motogp.com)

Mengulangi hasil apik sehari sebelumnya, Jorge Martin tampil meyakinkan di sesi main race. Sejak awal putaran. Martinator memulai balapan dengan sangat baik. Ia langsung memimpin barisan tanpa tersaingi.

Pada lap awal, Bagnaia memang mencoba untuk menyerang. Namun, Martin tampil lebih digdaya. Tak menunggu hingga lap pertama usai, Martin sudah menjauh dari para pesaingnya di belakang. Dari awal start hingga menyentuh garis finis, Martin sama sekali tak terkejar.

Setelah menuntaskan 27 lap, Martin menang dengan selisih meyakinkan dari Bezzecchi yang finis P2. Selisih di antara mereka sekitar 1,350 detik. Sementara itu, jarak dengan Bagnaia yang finis P3 mencapai 3,812 detik.

Dengan hasil di seri MotoGP 2023 San Marino, Jorge Martin memangkas jarak poin dengan pemimpin klasemen. Francesco Bagnaia kini mengoleksi 283 poin, sedangkan Martin mengemas 247 poin. Pada seri-seri berikutnya, persaingan memperebutkan gelar juara dunia bakal main panas. Siapa bakal unggul?

Baca Juga: Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP San Marino, Podium Ganda

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya