5 Bek Kanan yang Direkrut Newcastle United sebelum Tino Livramento

Kebanyakan masih aktif membela The Magpies

Newcastle United merekrut bek kanan baru pada musim panas 2023. Pemain tersebut bernama Tino Livramento. Ia masih berusia 20 tahun. Ia didatangkan dari Southampton dengan harga 37,2 juta euro atau sekitar Rp612 miliar.

Livramento bermain cukup bagus bersama Southampton, terutama pada 2021/2022. Kala itu, ia terlibat dalam 32 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 2 assist. Sayangnya, Livramento harus absen pada 2022/2023 karena menderita cedera anterior cruciate ligament (ACL).

Pada 2023/2024 ini, Livramento sudah sembuh dan kembali bermain sepak bola di bawah bendera Newcastle United. Ia masuk ke dalam daftar bek kanan yang pernah direkrut The Magpies. Sebelum Livramento, inilah lima bek kanan yang direkrut Newcastle United.

1. Harrison Ashby direkrut dari West Ham United seharga 3,4 juta euro

5 Bek Kanan yang Direkrut Newcastle United sebelum Tino Livramentopotret Harrison Ashby (nufc.co.uk)

Pada Januari 2023, Newcastle United merekrut Harrison Ashby dari West Ham United dengan harga 3,4 juta euro atau sekitar Rp55 miliar. Saat itu, Harrison Ashby masih berstatus pemain tim akademi West Ham. Meski masih pemain akademi, Ashby sudah diberi kesempatan untuk tampil bersama tim utama West Ham. Tercatat, ia telah terlibat dalam tujuh pertandingan bersama tim utama mereka.

Pelatih Newcastle United, Eddie Howe, sangat tertarik dengan bakat dan potensi Ashby sehingga memutuskan untuk merekrutnya. Namun, Ashby belum pernah dimainkan bersama tim utama Newcastle United. Sejauh ini, ia masih bermain bersama tim akademi. Pada Agustus 2023, Newcastle United memutuskan untuk meminjamkan Ashby kepada Swansea City agar mendapat menit bermain yang lebih banyak lagi. Ia akan bersama The Swans hingga Mei 2024.

2. Kieran Trippier diboyong dari Atletico Madrid seharga 14 juta euro

5 Bek Kanan yang Direkrut Newcastle United sebelum Tino Livramentopotret Kieran Trippier (nufc.co.uk)

Kieran Trippier merupakan salah satu bek kanan yang kerap menjadi langganan Timnas Inggris. Kiprah Trippier di Newcastle United dimulai sejak Januari 2022. Ia direkrut dari Atletico Madrid seharga 14 juta euro atau sekitar Rp230 miliar.

Bersama Newcastle United, Trippier mampu menampilkan performa terbaiknya. Ia pun menjadi salah satu pemain yang paling diandalkan Newcastle United. Sejauh ini, bersama The Magpies, Trippier mencatatkan 57 pertandingan dengan torehan 3 gol dan 10 assist di berbagai kompetisi. Ia masih terikat kontrak dengan Newcastle United hingga Juni 2025.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Termahal yang Dibeli Newcastle United Era Eddie Howe

3. Valentino Lazaro dipinjam dari Inter Milan

5 Bek Kanan yang Direkrut Newcastle United sebelum Tino Livramentopotret Valentino Lazaro (nufc.co.uk)

Petualangan Valentino Lazaro bersama Newcastle United dimulai pada Januari 2020. Kala itu, ia didatangkan dari Inter Milan dengan status pinjaman. Lazaro merupakan bek kanan asal Austria. 

Karier Lazaro bersama Newcastle United hanya berjalan setengah musim. Ia tampil cukup bagus bersama The Magpies. Ia mencatatkan 15 penampilan dengan torehan 2 gol di berbagai kompetisi. Meski tampil cukup bagus, Newcastle United tidak tertarik untuk memermanenkan Lazaro.

4. Emil Krafth didatangkan dari Amiens SC dengan harga 5,4 juta euro

5 Bek Kanan yang Direkrut Newcastle United sebelum Tino Livramentopotret Emil Krafth (nufc.co.uk)

Emil Krafth merupakan bek kanan asal Swedia. Ia direkrut Newcastle United dari klub Prancis, Amiens SC pada Agustus 2019. Newcastle United membelinya dengan harga 5,4 juta euro atau sekitar Rp88 miliar. Pemain berusia 29 tahun itu sudah mengoleksi 42 caps bersama Timnas Swedia. 

Untuk ukuran bek kanan, Emil Krafth memiliki postur yang tinggi, yakni 1,84 m. Kualitas bertahannya cukup bagus. Sejauh ini bersama Newcastle United, Krafth sudah terlibat dalam 64 pertandingan dengan koleksi 1 gol dan 2 assist di berbagai kompetisi. Kontraknya di Newcastle United akan habis pada Juni 2024 nanti.

5. Javier Manquillo diboyong dari Atletico Madrid dengan harga 5 juta euro

5 Bek Kanan yang Direkrut Newcastle United sebelum Tino Livramentopotret Javier Manquillo (nufc.co.uk)

Newcastle United merekrut Javier Manquillo pada Juli 2017. Bek kanan asal Spanyol itu diboyong dari Atletico Madrid dengan harga 5 juta euro atau sekitar Rp82 miliar. Manquillo sendiri sudah tidak asing dengan sepak bola Inggris. Sebelumnya, ia pernah bermain untuk Liverpool dan Sunderland.

Sejauh ini bersama Newcastle United, Manquillo sudah mencatatkan 110 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 7 assist. Newcastle United kemungkinan besar bakal melepas Manquillo tahun depan. Posisinya mulai tersisih di skuad The Magpies. Kontraknya bersama Newcastle United akan berakhir pada Juni 2024. 

Dari semua rekrutan Tino Livramento yang disebutkan di atas, Kieran Trippier menjadi rekrutan paling memuaskan. Ia langsung menjadi andalan dan memberi kontribusi nyata bagi skuad The Magpies. Terbaru, ada Tino Livramento, mampukah bek kanan asal Inggris itu tampil cemerlang bersama Tino Livramento pada 2023/2024 ini?

Baca Juga: 4 Pemain Newcastle United 2023 dengan Penampilan Terbanyak di UCL

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya