Tosin Adarabioyo, Bek Anyar Chelsea Pengagum John Terry

Diboyong gratis dari Fulham

Intinya Sih...

  • Chelsea mendatangkan Tosin Adarabioyo dari Fulham secara gratis
  • Tosin Adarabioyo memiliki potensi menonjol dan pengagum Chelsea sejak lama
  • Kedatangan Tosin Adarabioyo memberi keuntungan finansial bagi Chelsea

Chelsea bergerak cepat mendatangkan pemain pada bursa transfer musim panas 2024. Hal itu dibuktikan ketika mereka memperkenalkan Tosin Adarabioyo sebagai rekrutan pertama pada era kepelatihan Enzo Maresca. The Blues menggaet pemain kelahiran 24 September 1997 (26 tahun) itu secara gratis dari Fulham.

Tosin Adarabioyo adalah sosok yang memiliki keahlian sebagai pemain bertahan di atas lapangan. Punya postur 196 sentimeter tentun mendukung peran pria berpaspor Inggris ini dalam mengawal struktur pertahanan klub pada tiap pertandingan. Bahkan, diperkirakan, eks Timnas Inggris U-19 tersebut punya kemampuan menawan karena merupakan jebolan akademi Manchester City.

1. Alumnus akademi Manchester City

Tosin Adarabioyo, Bek Anyar Chelsea Pengagum John TerryTosin Adarabioyo (instagram.com/chelseafc)

Tosin Adarabioyo merupakan salah satu pemain yang memiliki potensi menonjol di Inggris. Ini dibuktikan lewat rekam jejaknya yang pernah bersekolah di akademi Manchester City. Dia memulainya dalam rentang waktu 10 tahun lebih pada 2003—2016.

Tosin Adarabioyo sendiri merupakan sosok kelahiran London, Inggris. Tempat kelahirannya pun terletak di Rumah Sakit St. Mary yang berjarak 3 mil dari Stadion Stamford Bridge, kandang Chelsea. Meski begitu, Tosin mendapat jalan untuk bertumbuh kembang di tim junior Manchester City sejak umur 5 tahun.

Tosin Adarabioyo masuk ke daftar beberapa golongan usia di tim akademi The Cityzens. Ia pernah memperkuat Manchester City U-18 pada 2014—2015 serta Manchester City U-21 pada 2016. Tosin juga masuk ke skuad Manchester City U-23 meski akhirnya dipinjamkan ke Blackburn Rovers pada 2019. Selang setahun kemudian, dirinya kembali ke Manchester City U-23 serta memulai perjalanan baru bersama Fulham per 5 Oktober 2020.

Baca Juga: 5 Gelandang Portugal yang Berseragam Chelsea, Renato Veiga Terbaru

2. Berjasa membawa Fulham promosi ke Premier League 2022/2023

Tosin Adarabioyo, Bek Anyar Chelsea Pengagum John TerryTosin Adarabioyo (instagram.com/chelseafc)

Tosin Adarabioyo pertama kali mengawali karier bersama Fulham pada 5 Oktober 2020. Ketika itu, sang pemain diboyong dari Manchester City U-23 dengan mahar 1,65 juta euro (Rp29 miliar). Dari situ, Tosin menjelma sebagai sosok penting bagi klub berjuluk The Cottagers tersebut.

Pada musim debut saja, Tosin Adarabioyo memainkan sedikitnya 33 penampilan (3.954 menit) untuk Fulham di English Premier League (EPL) 2020/2021. Namun, dia tidak mendapat momentum positif ketika itu. Sebab, The Cottagers terdegradasi ke Sky Bet Championship 2021/2022.

Untungnya, tak lama kemudian, Tosin Adarabioyo berhasil unjuk kemampuan dengan mengantarkan The Cottagers kembali promosi ke EPL 2022/2023. Ia turut berkontribusi lewat 2 gol 2 assist dari 41 laga (3.685 menit) sekaligus menjuarai Sky Bet Championship 2021/2022. Torehan itu membawa Fulham eksis di EPL hingga musim 2023/2024.

3. Tosin Adarabioyo adalah sosok pengagum Chelsea

Tosin Adarabioyo, Bek Anyar Chelsea Pengagum John TerryTosin Adarabioyo (chelseafc.com)

Setelah menghabiskan 4 musim bersama Fulham, kontrak kerja Tosin Adarabioyo pun habis pada musim panas 2024. Akan tetapi, ia memutuskan untuk tidak memperpanjang karena mendapat tawaran yang lebih menjanjikan dari klub sesama London, Chelsea. Tosin tidak menyia-nyiakan kesempatan itu setelah menerima dan bergabung bersama Chelsea pada 1 Juli 2024. 

Di sisi lain, ternyata, Tosin Adarabioyo adalah sosok pengagum Chelsea. Itu bahkan terjadi semenjak dirinya memperkuat Fulham. Sepanjang perjalanan karier bersama The Cottagers, Tosin selalu waspada dan kesulitan ketika melawan Chelsea.

Fakta itu didukung dalam pernyataan yang dilontarkan Tosin Adarabioyo di situs resmi Chelsea FC, "Jika kamu tidak bisa mengalahkan mereka, bergabunglah dengan mereka. Chelsea selalu mempunyai reputasi terbaik di kelasnya, jadi saya tahu apa arti klub ini".

4. John Terry menjadi panutan bagi Tosin Adarabioyo

Tosin Adarabioyo, Bek Anyar Chelsea Pengagum John TerryTosin Adarabioyo (chelseafc.com)

Tidak hanya itu, Tosin Adarabioyo pun mengagumi sejumlah legenda yang pernah mengenakan seragam Chelsea. Salah satunya John Terry. Tosin menjadikan pemain yang identik dengan nomor punggung 26 itu sebagai panutan di atas lapangan.

“Saya mengambil aspek permainan mereka ke dalam aspek saya sendiri. Seperti kepemimpinan John Terry dan betapa agresifnya dia bermain," ungkap Tosin.

Selain John Terry, Tosin Adarabioyo juga mengagumi Frank Lampard dan Didier Drogba. “Mereka adalah pemain inspiratif dan pemain yang melakukan hal-hal gila untuk klub sepak bola ini dan sepak bola secara umum. Saya menyukai aura mereka. Keduanya adalah pemain-pemain yang mempunyai momen besar. Mereka selalu maju dan tampil di panggung besar, itulah tujuan saya di sini."

5. Disodori kontrak berdurasi 4 tahun

Tosin Adarabioyo, Bek Anyar Chelsea Pengagum John TerryTosin Adarabioyo (chelseafc.com)

Chelsea dikenal sebagai klub yang selalu berinvestasi untuk pemain muda demi kepentingan jangka panjang. Tak ayal mereka menerapkan kebiasaan itu kepada Tosin Adarabioyo pula. Tercatat, Chelsea berani memagari sang pemain dengan durasi kontrak 4 tahun.

Dilansir Squawka, kedatangan Tosin Adarabioyo memberi keuntungan bagi Chelsea. Sebab, kehadiraannya dapat menghemat biaya pengeluaran klub demi memenuhi perekrutan pemain pada bursa transfer musim panas 2024. Hal ini jelas memberi keleluasan agar The Blues dapat mendatangkan pemain-pemain lain yang dibutuhkan.

Sebelum bergabung bersama Chelsea, Tosin Adarabioyo sempat menjadi bidikan beberapa klub top macam Liverpool, Tottenham Hotspur, dan AC Milan. Itu membuktikan sang pemain memiliki reputasi tinggi di pasar pemain. Mampukah Tosin Adarabioyo membuktikan nilai diri dengan tampil ciamik untuk Chelsea pada musim depan?

Baca Juga: 5 Rekrutan Baru Chelsea pada Awal Bursa Transfer Musim Panas 2024

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya