5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Everton di EPL 2023/2024

Bintang Mesir jadi pahlawan The Reds

Liverpool berhasil membungkam Everton di English Premier League (EPL) 2023/2024 pekan ke-9. Bermain di Stadion Anfield, Sabtu (21/10/2023) malam WIB, Darwin Nunez dan kolega mampu menang 2-0. Kemenangan itu sekaligus meneruskan tren positif The Reds dalam beberapa pertandingan terakhir.

Banyak hal menarik yang dapat dikupas usai pertandingan ini digelar. Beberapa di antaranya adalah keganasan Mohamed Salah sebagai pahlawan kemenangan Liverpool. Bahkan, Juergen Klopp dan Alisson Becker turut mengukir catatan manis usai menggilas Everton di Derbi Merseyside ini.

Untuk selengkapnya, simak lima fakta kemenangan Liverpool atas Everton di EPL 2023/2024!

1. Jadi pahlawan Liverpool, Mohamed Salah terus disanjung

5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Everton di EPL 2023/2024Mohamed Salah (twitter.com/LFC)

Di balik kemenangan Liverpool atas Everton, ada jasa besar Mohamed Salah. Bintang asal Mesir itu menjadi pahlawan The Reds setelah memborong dua gol ke gawang Everton pada pekan ke-9 Premier League 2023/2024. Salah mencetak gol pada menit ke-75 serta pada menit tambahan (90+7).

Torehan tersebut sekaligus mengantarkan Salah masuk ke jajaran top skor sepanjang masa Liverpool. Dikutip situs Liverpool, ia kini mengemas rekor 104 gol dari 150 penampilan di Anfield, termasuk 2 golnya ke gawang Everton tadi malam. Catatan itu membawa Salah mengalahkan Steven Gerrard dan Kenny Dalglish di daftar top skor sepanjang masa The Reds.

"Salah adalah pemain yang fantastis bagi kami. Hari ini dia tak berada dalam performa terbaik, tetapi masih mencetak brace. Salah benar-benar luar biasa. Aku menghargai sifatnya yang selalu berjuang untuk klub di atas lapangan," ucap Juergen Klopp saat memberi sanjungan kepada Mohamed Salah di situs resmi klub.

2. Juergen Klopp melanjutkan tren ciamik di Derbi Merseyside

5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Everton di EPL 2023/2024Juergen Klopp (twitter.com/LFC)

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, memetik rekor apik setelah membungkam Everton pada pekan ke-9 Premier League 2023/2024. Hasil itu menjadi rekor kemenangannya yang ke-11 dari 18 kali keikutsertaan Klopp di Derbi Merseyside. Sementara, dalam 7 laga sisa, Klopp membawa Liverpool mendulang 6 hasil imbang dan 1 hasil kalah dari Everton.

Klopp menanggapi hasil tersebut dengan bahagia. Sebenarnya ia tak menyangka bisa memenangi pertandingan kontra Everton ini. "Bahkan, sebelum peluit babak pertama ditiup, saya tidak tahu seberapa persen kami siap menghadapi laga ini. Akan tetapi, saya hanya melakukan tugas sebaik mungkin di pinggir lapangan. Saya terus berupaya mencari solusi saat laga sedang berlangsung," kata Klopp.

Baca Juga: Liverpool Raja Merseyside, Gebuk Everton 2-0

3. Alisson Becker nyaris melewati rekor Pepe Reina

5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Everton di EPL 2023/2024Alisson Becker (twitter.com/LFC)

Alisson Becker mengikuti jejak dua sosok sebelumnya. Kiper asal Brasil itu juga menorehkan rekor individu setelah mengalahkan Everton pada pekan ke-9 Premier League 2023/2024. Alisson menjadi salah satu kiper Liverpool dengan catatan clean sheet terbaik di Derbi Merseyside. 

Saat ini, Alisson berhasil membukukan tujuh clean sheet ketika menghadapi Everton. Rekornya itu menyamai catatan kiper Liverpool sebelumnya, Tommy Lawrence. Hanya saja, pencapaian Alisson dalam Derbi Merseyside ini belum menyalip rekor yang dipegang Pepe Reina (8 clean sheet) dan Ray Clemence (14 clean sheet).

4. Liverpool membuntuti Manchester City dan Arsenal di papan atas klasemen

5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Everton di EPL 2023/2024Liverpool dalam laga menghadapi Everton di English Premier League 2023/2024 pekan ke-9. (twitter.com/LFC)

Kemenangan atas Everton berpengaruh langsung terhadap posisi Liverpool di papan klasemen sementara Premier League 2023/2024. Kini, Mohamed Salah dan kolega menempel ketat Manchester City dan Arsenal. The Reds menempati posisi ke-3 dengan raihan 20 poin, berjarak 1 poin dari Arsenal dan Manchester City.

"Kami senang bisa kembali ke jalur kemenangan. Raihan 20 poin itulah yang kami inginkan. Hasil itu luar biasa bagi kami," kata Juergen Klopp menanggapi tim asuhannya setelah menembus zona tiga besar.

Di satu sisi, kekalahan ini membuat Everton belum beranjak dari zona persaingan papan bawah. Mereka masih menempati peringkat ke-9 dengan torehan tujuh poin. Everton hanya terpaut dua tangga dari jurang degradasi Premier League 2023/2024.

5. Kartu merah Ashley Young bikin catatan baru di EPL 2023/2024

5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Everton di EPL 2023/2024Ashley Young (twitter.com/youngy18)

Everton hanya bermain dengan sepuluh orang saat menantang Liverpool di Premier League 2023/2024 pekan ke-9. Hal itu terjadi setelah wingback senior mereka, Ashley Young, diganjar kartu merah. Bisa dikatakan, itu menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi kekalahan Everton di Derbi Merseyside kali ini.

Menariknya, kartu merah yang diterima Young menjadi catatan baru di Premier League musim ini. Bek gaek berusia 38 tahun itu jadi pemain pertama yang menerima kartu merah secara tidak langsung alias melalui dua hukuman kartu kuning. Bahkan, dirujuk Sky Sports, Young menjadi pemain paling tua yang dikeluarkan akibat kartu merah dalam laga Premier League usai Stuart Pearce dan Phil Jagielka.

Kemenangan Derbi Merseyside ini menjadi bekal positif bagi Liverpool guna menatap laga-laga berikutnya. Paling dekat, The Reds akan melakoni laga lanjutan Liga Europa 2023/2024 melawan Toulouse pada Kamis (26/10/2023) dini hari WIB. Akankah Liverpool kembali melanjutkan tren kemenangan ini dalam pertandingan tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Liverpool dengan Masa Bakti Terlama, Setia!

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya