Profil Olga Carmona, Bintang yang Berduka dalam Euforia

Antarkan Spanyol juarai Piala Dunia Wanita 2023

Nama Olga Carmona menjadi sorotan pencinta sepak bola dunia setelah berhasil mencetak gol semata wayang ke gawang Inggris. Tendangannya mengantarkan Spanyol menjuarai Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya.

Hal lain yang menyita perhatian fans sepak bola dunia adalah kabar sang ayah, Jose Verdasco yang meninggal dunia pada hari yang sama saat final digelar. Kabar duka ini disampaikan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) beberapa jam setelah laga final.

Kabarnya, pihak federasi sengaja baru memberitahu berita duka ini setelah pertandingan agar Olga tetap fokus berlaga di final. Seperti apa sosok Olga Carmona? Simak profil lengkapnya berikut ini.

1. Biodata singkat Olga Carmona

Profil Olga Carmona, Bintang yang Berduka dalam EuforiaOlga Carmona di Piala Dunia Wanita 2023 (instagram.com/olgacarmona7)

Berikut biodata singkat Olga Carmona, pencetak gol satu-satunya pada laga final Piala Dunia Wanita 2023:

  • Nama lengkap: Olga Carmona García
  • Tanggal lahir: 12 Juni 2000 (23 tahun)
  • Tempat lahir: Sevilla, Spanyol
  • Tinggi: 1,59 m
  • Posisi: Left back, winger, wing-back

Baca Juga: Daftar Juara Piala Dunia Wanita 1991-2023, Terbaru Spanyol

2. Karier klub Olga Carmona

Profil Olga Carmona, Bintang yang Berduka dalam EuforiaOlga Carmona di Piala Dunia Wanita 2023 (instagram.com/olgacarmona7)

Karier sepak bola Olga Carmona sudah dimulai sejak ia berusia 6 tahun. Saat itu, Olga Carmona bergabung ke akademi sepak bola Sevilla Este. Hingga pada musim 2016/2017, Olga Carmona akhirnya masuk dalam line up utama Sevilla Women yang bermain di Segunda División, divisi kedua Spanyol.

Pada musim pertamanya, Olga Carmona berhasil membawa timnya promosi ke Primera Division. Pada musim 2017/2018, ia berhasil mengemas 5 gol dan 5 assist dari 25 penampilan. Jika ditotal hingga musim 2019/2020, ia tampil sebanyak 75 kali bersama Sevilla di Primera Division.

Lalu pada musim 2020/2021, ia pindah ke Real Madrid. Hingga musim lalu, Olga Carmona mencetak 9 gol dan 4 assist dari 74 pertandingan di semua kompetisi.

3. Karier internasional Olga Carmona

Profil Olga Carmona, Bintang yang Berduka dalam EuforiaTrofi Piala Dunia Wanita FIFA 2023 (fifa.com)

Olga Carmona memenangkan Kejuaraan Eropa 2018 bersama tim nasional U-19 Spanyol dengan mengalahkan Jerman 1-0 di partai final. Pada 13 April 2021, Olga Carmona resmi menjalani debut di tim senior dalam pertandingan persahabatan melawan Meksiko.

Pada 2023, Carmona berhasil membawa Spanyol menjadi kampiun FIFA Women’s World Cup. Olga Carmona menyandang ban kapten di babak semifinal dan final serta mencetak gol penentu dalam kedua pertandingan tersebut.

Baca Juga: Daftar Juara UEFA Super Cup 1973-2023, Terbaru Manchester City

4. Prestasi Olga Carmona

Profil Olga Carmona, Bintang yang Berduka dalam EuforiaTrofi Piala Dunia Wanita. (uefa.com)

Berikut prestasi Olga Carmona selama kariernya di lapangan hijau:

  • Champion of FIFA Women's World Cup 2023 (Spanyol)
  • Champion of UEFA Women's U-19 Championship 2018 (Spanyol)

Demikianlah profil lengkap Olga Carmona, sang pencetak gol kemenangan Spanyol dalam final FIFA Women's World Cup 2023. Bintang laga yang sekaligus harus kehilangan ayahnya pada hari yang sama saat ia sedang dalam euforia juara.

Penulis: Muhammad Hussaini

Baca Juga: Daftar Juara Community Shield Sejak Tahun 1908-2023, Terbaru Arsenal

Topik:

  • Rihanna Bunga
  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya