3 Pemain Belgia yang Bergabung dengan AS Roma, Lukaku Terbaru

Satu pemain berhasil dan satu yang lain kariernya hancur

Pemain Belgia menjadi salah satu pilihan utama bagi klub-klub Eropa. Belgia sendiri memang sudah konsisten di sepak bola sejak dahulu. Mereka selalu konsisten tampil di Piala Dunia meski tidak pernah juara.

AS Roma menjadi salah satu peminat talenta-talenta dari Belgia. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah para pemain Belgia yang bergabung ke AS Roma!

1. Radja Nainggolan menjadi salah satu gelandang andalan AS Roma

3 Pemain Belgia yang Bergabung dengan AS Roma, Lukaku TerbaruRadja Nainggolan (asroma.com)

Radja Nainggolan adalah pemain berposisi gelandang tengah yang kini berstatus tanpa klub. Meski begitu, Nainggolan pernah disegani pada masanya. Pemain yang punya darah Indonesia ini dikenal sebagai pemain versatile yang bisa bermain di posisi mana pun sebagai gelandang.

Nainggolan bergabung ke AS Roma dari Cagliari pada 2014 dengan status pinjaman. Nainggolan langsung tampil impresif sejak kedatanganya. Itu membuatnya dipermanenkan AS Roma.

Secara keseluruhan, Nainggolan tampil sebanyak 203 kali dengan mencetak 33 gol dan 28 assist. Sayangnya, Nainggolan tidak pernah meraih satu trofi pun bersama AS Roma. Itu juga disebabkan AS Roma yang mengalami puasa gelar sejak 2007/2008 hingga 2021/2022. Di level timnas, Nainggolan sendiri tampil sebanyak 30 kali dengan mencetak 6 gol dan 3 assist bagi Timnas Belgia.

Baca Juga: 4 Pemain Leverkusen yang Pindah ke AS Roma, Sardar Azmoun Terbaru

2. Thomas Vermaelen menjalani debut yang mengecewakan

3 Pemain Belgia yang Bergabung dengan AS Roma, Lukaku TerbaruThomas Vermaelen (asroma.com)

Thomas Vermaelen adalah pemain berposisi bek tengah yang kini sudah pensiun. Vermaelen memulai karier mudanya di Ajax Amsterdam sebelum akhirnya dikenal publik saat membela Arsenal dan Barcelona. Vermaelen juga pernah bergabung ke AS Roma selama kariernya.

Vermaelen bergabung ke AS Roma dari Barcelona pada 2016 dengan status pinjaman. Namun, ia menjalani debutnya dengan buruk. Vermaelen memainkan laga debutnya saat AS Roma menghadapi FC Porto pada babak playoff UEFA Champions League (UCL). Pada laga itu, Vermaelen menerima dua kartu kuning yang membuatnya harus dikeluarkan dari lapangan.

Secara keseluruhan, Vermaelen hanya tampil sebanyak 12 kali untuk Giallorossi. Performa yang buruk itu membuatnya dikembalikan ke Barcelona pada 2017. Akan tetapi, ia tampil cukup baik bersama Timnas Belgia. Sang pemain tampil sebanyak 85 laga dengan mencetak 2 gol untuk negaranya.

3. Romelu Lukaku menjadi bomber baru AS Roma

3 Pemain Belgia yang Bergabung dengan AS Roma, Lukaku TerbaruRomelu Lukaku (asroma.com)

Romelu Lukaku menjadi pemain Belgia terbaru yang bergabung ke AS Roma. Sama seperti dua pemain di atas, Lukaku juga bergabung dengan status pinjaman. AS Roma meminjam Lukaku dari Chelsea. Dilansir ESPN, AS Roma membayar sebanyak 8 juta pound sterling atau sekitar Rp 154 miliar untuk meminjam sang pemain.

Kedatangan Lukaku menjadi angin segar bagi AS Roma. Pasalnya, stiker utama mereka, Tammy Abraham, mengalami cedera yang membuatnya harus menepi sementara waktu. Lukaku diharapkan bisa mengisi kekosongan tersebut. Terlebih, Serie A Italia sudah tidak asing bagi Lukaku.

Lukaku sebelumnya bermain di Inter Milan dengan status pinjaman. Ia tampil baik pada 2022/2023 lalu. Lukaku mencetak 14 gol dan 7 assist dari 37 penampilan. Sang pemain juga sukses membawa Inter Milan melaju hingga ke final UCL dan menjuarai Copa Italia. 

AS Roma seharusnya tidak perlu khawatir jika melihat performanya bersama Inter Milan. Ditambah lagi, Lukaku pernah menjadi rekanan pelatih AS Roma sekarang, Jose Mourinho. Keduanya bersama saat masih di Manchester United.

Di level timnas, kualitas Lukaku tidak perlu dipertanyakan lagi. Sang pemain merupakan top scorer sepanjang masa Timnas Belgia. Lukaku mencetak 75 gol dan 15 assist dari 108 laga untuk Timnas Belgia.

Itulah daftar pemain Belgia yang pernah bergabung ke AS Roma. Nainggolan dan Vermaelen sudah tidak lagi bersama mereka. Namun, apa yang akan terjadi dengan Lukaku? Mampukah penyerang Belgia tersebut membawa gelar bagi AS Roma?

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Bergabung dengan AS Roma sebelum Romelu Lukaku

Ridwan Saputra Photo Writer Ridwan Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya