4 Cara Membedakan Jersey Erspo Asli dan Palsu, Catat Sebelum Beli!

Selalu perhatikan kualitas bahan dan detail produknya

Kamu penggemar sepak bola Timnas Indonesia dan ingin membeli jersey Erspo yang asli? Sebelum itu, pastikan kamu sudah mengetahui bagaimana cara membedakan jersey Erspo asli dan palsu agar tidak tertipu dari oknum-oknum nakal.

Saat membeli produk jersey entah itu secara offline maupun di online shop, tak jarang kamu akan menemukan berbagai oknum tak bertanggung jawab yang mengaku barang jualannya ori, padahal aslinya barang KW atau palsu. Nah, agar terhindar dari kejadian ini, kenali sejumlah cara membedakan jersey Erspo asli dan palsu berikut ini, yuk.

1. Cek kualitas bahan

4 Cara Membedakan Jersey Erspo Asli dan Palsu, Catat Sebelum Beli!Jersey baru Timnas Indonesia gubahan Erspo. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pertama, cara membedakan jersey Erspo asli dan palsu yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas bahannya. Jersey Erspo yang asli terbuat dari material premium, yaitu 100% polyester tanpa ada campuran bahan lainnya.

Perlu diketahui, Erspo membuat tiga tingkatan jersey untuk Timnas Indonesia: Player Issue adalah jersey yang sama persis dengan pemain Timnas, Replica version satu tingkat di bawahnya, serta Supporter version untuk tingkat paling rendah.

Jika kamu memilih jenis Player Issue atau Replica, jersey ini terbuat dari bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik. Sedangkan versi Supporter, meskipun bahannya tidak sebaik jenis Player atau Replica, namun jersey ini juga tetap nyaman dan adem saat dipakai.

Maka dari itu, jika kamu menemukan jersey Erspo dengan bahan yang panas dan tidak menyerap keringat, kemungkinan produk ini adalah KW atau palsu. 

2. Cek kualitas jahitan

4 Cara Membedakan Jersey Erspo Asli dan Palsu, Catat Sebelum Beli!ilustrasi details jahitan jersey Erspo Player Issue (Instagram/@erspo.official)

Selain bahannya, cara membedakan jersey Erspo asli dan palsu yang cukup mudah terlihat adalah kualitas jahitannya. Produk jersey yang asli dibuat khusus untuk merchandise Timnas 2024 oleh Erspo, sehingga kualitas jahitannya tidak mungkin asal-asalan.

Saat akan membeli produknya, kamu bisa cek kualitas jahitan pada jersey, apakah ada jahitan yang miring, atau banyak benang yang keluar dari jalurnya. Jika iya, maka sebaiknya jangan beli jersey di toko tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Membedakan Sepatu Nike Ori dan KW, Dijamin Gak Salah Beli!

3. Perhatikan bentuk dan posisi logo

4 Cara Membedakan Jersey Erspo Asli dan Palsu, Catat Sebelum Beli!Timnas Jersey Player Issue Home 2024 (instagram.com/erspo.official)

Salah satu ciri khas produk jersey Erspo yang asli adalah memiliki logo burung garuda dan tulisan ‘erspo’ dengan awalan huruf e kecil yang unik. Baik versi jersey Player Issue, Replica, maupun Supoorter, logo gambar burung garuda memiliki bentuk yang timbul dan dibordir, posisinya ada di sebelah kiri. Sementara tulisan ‘erspo’ terpisah di sebelah kanan. 

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kerapian logo yang ada di jersey. Seharusnya, logo pada produk jersey Erspo asli akan dibuat rapi dengan ukurannya yang presisi. Bentuk logo garuda Indonesia pun terlihat mengkilap jika dilihat dari dekat.

4. Cek detail masing-masing versi jersey

4 Cara Membedakan Jersey Erspo Asli dan Palsu, Catat Sebelum Beli!perbedaan jersey Erspo (Dok. Shopee Erspo Official Store/Edited by Muti'ah Nur Rahmah)

Terakhir, cara membedakan jersey Erspo asli dan palsu yang jangan sampai kamu lewatkan adalah perhatikan detail yang ada pada masing-masing versi jersey. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Erspo mengeluarkan 3 variasi jersey, yakni Player Issue, Replica, dan Supporter. 

Nah, masing-masing jenis ini hadir dalam dua varian warna, yaitu merah dan putih. Berikut detail yang ada pada ketiga varian jersey Erspo. 

1. Jersey Player Issue Erspo

  • Memiliki detail lis atau aksen putih di bagian lengan dan leher untuk varian jersey warna merah, dan lis merah untuk varian warna putih. 
  • Terdapat tulisan ‘erspo’ di bagian dada kanan, serta logo emblem burung garuda di dada kiri jersey.
  • Bagian sisi belakang jersey lebih panjang daripada sisi depan, dengan jahitan sambungan.
  • Pada bagian kiri bawah jersey ada logo Erspo berupa tulisan ‘ERSP AGILITY’, sementara di bagian belakang sekitar tengkuk jersey ada tulisan ‘INDONESIA’.
  • Untuk details keseluruhan jersey variasi merah dan putih, terdapat motif garis-garis yang membentuk pola.
  • Harga Official: Rp1.2 jutaan.

2.  Jersey Replica Erspo

  • Memiliki details yang sama persis dengan versi jersey Player Issue, tapi tidak memiliki fitur sirkulasi udara yang sama.
  • Tulisan ‘INDONESIA’ di bagian belakang tengkung jersey cenderung berwarna gelap.
  • Jika dipakai, jersey lebih seperti kaos biasa, dan tidak sama dengan jersey sepak bola profesional yang mengikuti bentuk badan penggunanya.
  • Harga Official: Rp569.000.

3. Jersey Supporter Erspo

  • Desainnya lebih simpel dengan panjang sisi depan dan belakang yang sama.
  • Tidak ada lis atau aksen putih atau merah di bagian lengan dan leher.
  • Tidak ada tulisan ‘INDONESIA’ di bagian tengkuk belakang jersey.
  • Harga Official: Rp189.000.

Itulah beberapa cara membedakan jersey Erspo asli dan palsu yang perlu kamu cek sebelum memutuskan untuk membeli produknya. Setelah ini, jangan sampai kamu tertipu atau tergiur dengan harga murah produk jersey yang mengaku Official Erspo, namun ternyata barangnya KW atau abal-abalan lagi, ya.

Penulis: Muti’ah Nur Rahmah

Baca Juga: 7 Pelatih Sepak Bola Indonesia yang Melatih di Luar Negeri

Topik:

  • Putri Ambar
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya