Xabi Alonso Tetap Melatih Bayer Leverkusen di Bundesliga 2024/2025

Keputusan itu sudah bulat 

Keputusan Manajer Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, sudah bulat. Ia akan tetap melatih Die Werkself di Bundesliga Jerman 2024/2025. Keputusan tersebut sekaligus membuat asa Liverpool dan Bayern Munich memboyongnya sebagai manajer sirna seketika. Pasalnya, belakangan, klub raksasa asal Inggris dan Jerman itu mengincar Alonso karena prestasinya yang mentereng bersama Bayer Leverkusen.

“Ini adalah tempat yang tepat bagiku untuk mengembangkan diriku sebagai pelatih. Para penggemar (Bayer Leverkusen) telah menunjukkan dukungan yang baik tahun ini. Mereka semua punya alasan untuk percaya dan bermimpi kami bisa mendapatkan musim yang bagus. Selain itu, para pemain juga telah memberiku banyak alasan untuk tetap percaya kepada tim. Pekerjaanku belum berakhir di sini,” ujar Xabi Alonso pada Jumat (29/3/2024) dilansir laman resmi Bundesliga.

1. Xabi Alonso telah menyampaikan keputusannya kepada Bayer Leverkusen

Xabi Alonso Tetap Melatih Bayer Leverkusen di Bundesliga 2024/2025Simon Rolfes (kiri), Xabi Alonso (tangah), dan Fernando Carro (kanan) (instagram.com/xabialonso)

Xabi Alonso telah menyampaikan keputusannya kepada Bayer Leverkusen sejak minggu lalu. Ia menemui Direktur Olahraga Simon Rolfes dan CEO Bayer Leverkusen Fernando Carro untuk berdiskusi mengenai masa depannya sebagai manajer Die Werkself. Dalam diskusi tersebut, Alonso memutuskan untuk tetap melatih Bayer Leverkusen di Bundesliga musim depan. Rolfes dan Carro pun menyambut baik keputusan tersebut.

“Kami punya banyak spekulasi mengenai masa depanku. Kami menjalani banyak pertandingan, cukup sibuk, dan cukup fokus. Aku ingin menggunakan jeda internasional untuk merenung dan mengambil keputusan. Minggu lalu, aku telah mengadakan pertemuan yang sangat baik dengan Simon (Rolfes) dan Fernando (Carro). Aku memberitahu mereka tentang keputusanku untuk terus menjadi pelatih Bayer Leverkusen,” tambah Xabi Alonso.

Baca Juga: Wejangan Reiner Calmund untuk Masa Depan Xabi Alonso

2. Juergen Klopp juga menyambut baik keputusan Xabi Alonso

Xabi Alonso Tetap Melatih Bayer Leverkusen di Bundesliga 2024/2025Juergen Klopp (premierleague.com)

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, juga menyambut baik keputusan Xabi Alonso untuk tetap melatih Bayer Leverkusen. Klopp menilai keputusan tersebut sebagai keputusan tepat. Sebab, menurutnya, Die Werkself membutuhkan sosok Alonso untuk menjaga kekompakan tim. Apalagi, prestasi mereka di Bundesliga 2023/2024 ini juga sedang naik.

“Salah satu bagian yang bisa aku bicarakan adalah manajer muda yang bekerja dengan baik. Berada di klub dengan situasi serupa, aku telah melakukan hal yang hampir sama dan aku tidak pernah menyesalinya. Cukup banyak yang bisa aku katakan tentang hal itu. Dia (Xabi Alonso) telah melakukan pekerjaan yang luar biasa di sana (Bayer Leverkusen).

(Bayer) Leverkusen memiliki tim yang bagus dan mereka mungkin akan menjaga kebersamaan tim. Itu suatu kemungkinan dan tidak selalu seperti itu. Jadi, aku mengerti dia ingin melakukan itu. Untuk hal lainnya, aku tidak bisa berkata apa-apa. Itu saja," ungkap Juergen Klopp, seperti dilansir The Guardian.

3. Xabi Alonso masih punya tugas berat

Xabi Alonso Tetap Melatih Bayer Leverkusen di Bundesliga 2024/2025Xabi Alonso (bundesliga.com)

Secara statistik, gelar juara Bundesliga 2023/2024 kemungkinan besar sudah berada dalam genggaman Bayer Leverkusen. Sebab, Die Werkself kini masih kokoh di puncak klasemen dengan total 70 poin per 30 Maret 2024. Sementara itu, Bayern Munich mengekornya di peringkat ke-2 dengan total 60 poin per 30 Maret 2024.

Meski begitu, Bayer Leverkusen masih punya delapan pertandingan penting di Bundesliga musim ini. Itu berarti, sebagai manajer, Xabi Alonso masih punya tugas berat untuk memberi gelar juara Bundesliga pertama kepada Bayer Leverkusen. Jika terwujud, Die Werkself akan membuat sejarah baru di Bundesliga.

Terdekat, Bayer Leverkusen akan bersua TSG Hoffenheim pada pekan ke-27 Bundesliga musim ini. Laga tersebut akan dihelat di markas Die Werkself, Stadion Bay Arena, Sabtu malam (30/3/2024). Xabi Alonso dan para pemainnya tentu harus memenangkan laga tersebut. Itu diperlukan untuk memperbesar kemungkinan Die Werkself meraih gelar juara Bundesliga pertamanya.

Xabi Alonso kini telah menetapkan masa depannya bersama Bayer Leverkusen. Ia memutuskan untuk tetap melatih Die Werkself di gelaran Bundesliga Jerman 2024/2025. Jika melihat prestasinya, Xabi mungkin akan tetap melatih Bayer Leverkusen dalam beberapa tahun ke depan. Apalagi, ia juga masih memiliki kontrak hingga 2026 mendatang. 

Baca Juga: 4 Pemain Spanyol yang Pernah Memperkuat Bayer Leverkusen

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa Hubungan Internasional yang senang menulis seputar politik dan olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya