Steven Gerrard Resmi Perpanjang Kontrak sebagai Pelatih Al-Ettifaq

Steven Gerrard mendapat perpanjangan kontrak 2 tahun

Mantan kapten Timnas Inggris, Steven Gerrard, bergabung dengan klub sepak bola Arab Saudi, Al-Ettifaq, sebagai pelatih pada Juli 2023 lalu. Sebelum melatih Al-Ettifaq, Gerrard sempat menjadi pelatih Aston Villa. Namun, ia dipecat oleh tim berjuluk The Lions itu pada Oktober 2022 lalu.

Saat ini, Gerrard telah resmi mendapat perpanjangan kontrak dari Al-Ettifaq. Ia mendapat perpanjangan kontrak 2 tahun, yakni hingga 2027 mendatang. Padahal, kontrak sang pelatih dengan klub yang bermarkas di Kota Dammam itu sebelumnya hanya sampai 2025.

1. Perpanjangan kontrak Steven Gerrard merupakan keputusan yang mengejutkan

Steven Gerrard Resmi Perpanjang Kontrak sebagai Pelatih Al-EttifaqSteven Gerrard (instagram.com/stevengerrard)

Keputusan Al-Ettifaq untuk memperpanjang kontrak Steven Gerrard dinilai sebagai keputusan yang mengejutkan. Sebab, posisi Gerrard sebagai pelatih di klub tersebut sebenarnya sedang terancam. Itu lantaran Gerrard gagal mendongkrak performa tim di Saudi Pro League 2023/2024.

Dilansir Daily Mail, sejak bergabung pada Juli 2023 lalu, Gerrard memang mampu membuat Al-Ettifaq tampil bagus di lapangan. Itu terbukti dengan raihan enam kemenangan di laga pembuka Saudi Pro League musim ini. Enam kemenangan tersebut menjadi angin segar bagi Al-Ettifaq.

Namun, belakangan, performa Al-Ettifaq justru menunjukkan penurunan. Itu terbukti dari hasil buruk yang mereka raih di delapan pertandingan terakhir. Dalam delapan pertandingan itu, Al-Ettifaq gagal meraih kemenangan. Alhasil, mereka kini hanya berada di peringkat ke-8 di klasemen Saudi Pro League 2023/2024 dengan raihan 25 poin dari 19 pertandingan yang telah dilakoni.

Baca Juga: 3 Rekrutan Pertama Steven Gerrard bersama Al-Ettifaq, Ada Henderson!

2. Kepergian Jordan Henderson dalam waktu dekat akan memperburuk performa klub

Steven Gerrard Resmi Perpanjang Kontrak sebagai Pelatih Al-EttifaqJordan Henderson (instagram.com/jordanhenderson)

Performa Al-Ettifaq di Saudi Pro League 2023/2024 juga diperkirakan akan makin memburuk kondisi. Sebab, pemain andalan mereka, Jordan Henderson, akan meninggalkan klub dalam waktu dekat. Ia dikabarkan bakal pindah ke klub sepak bola asal Belanda, Ajax Amsterdam.

Padahal, Henderson baru bergabung dengan Al-Ettifaq pada Juli 2023 lalu. Gelandang berusia 33 tahun itu bergabung usai direkrut dari Liverpool seharga 12 juta pound sterling atau setara Rp237,6 miliar. Ia direkrut dengan harapan bisa memperkuat lini tengah klub.

Keinginan Henderson untuk segera meninggalkan Al-Ettifaq tentu bukan tanpa alasan. Henderson dikabarkan tak betah berada di klub asuhan Steven Gerrard tersebut. Sebab, sejak bergabung, Al-Ettifaq dikabarkan belum membayar gajinya sepeser pun. Ditambah lagi, panasnya cuaca di Timur Tengah makin memperkuat keinginannya untuk segera meninggalkan klub.

Dilansir Goal, sejak awal bergabung, Henderson telah menandatangani kontrak gaji sebesar 350 ribu pound sterling per minggu. Jumlah tersebut setara dengan Rp6,9 miliar per minggu. Namun, gaji tersebut kabarnya belum dibayarkan hingga saat ini. Hal itu lantaran sang gelandang akan segera meninggalkan klub dalam waktu dekat.

3. Al-Ettifaq akan mencari pengganti Jordan Henderson

Steven Gerrard Resmi Perpanjang Kontrak sebagai Pelatih Al-EttifaqJordan Henderson (instagram.com/jordanhenderson)

Kepergian Jordan Henderson tentunya akan menjadi pukulan berat bagi Al-Ettifaq. Sebab, ia merupakan salah satu pemain andalan klub. Namun, hal itu tak lantas membuat Al-Ettifaq diam saja. Sebab, mereka dikabarkan tengah mencari pengganti Henderson.

Saat ini, Al-Ettifaq tengah mengincar dua pemain Liverpool, Thiago Alcantara dan Joel Matip, untuk menggantikan Henderson. Al-Ettifaq ingin Steven Gerrard memboyong dua nama tersebut ke Arab Saudi. Namun, rencana itu belum pasti. Sebab, hingga saat ini, belum ada informasi resmi dari pihak klub terkait perekrutan Thiago dan Matip dari Liverpool.

Steven Gerrard akan tetap melatih Al-Ettifaq hingga 2027 mendatang. Al-Ettifaq masih percaya bahwa tangan pelatih berusia 43 tahun itu bisa mendongkrak performa klub. Oleh karena itu, Gerrard harus memanfaatkan kesempatan tersebut jika dirinya tak ingin terdepak dari kursi pelatih.

Baca Juga: 4 Pemain Saudi Pro League yang Membela Senegal di Piala Afrika 2023

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa Hubungan Internasional yang senang menulis seputar politik dan olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya