3 Top Skor Liga Top Eropa 2023/2024 Tumpul di Fase Grup Euro 2024

Ada yang gagal mencapai babak 16 besar #EURO2024

Intinya Sih...

  • Euro 2024 menyelesaikan fase grup dengan 16 dari 24 negara melaju ke babak gugur tanpa banyak kejutan berarti.
  • Harry Kane hanya mencetak satu gol untuk Inggris, Kylian Mbappe hanya mencetak satu gol lewat penalti, sementara Artem Dovbyk gagal mencetak gol sama sekali.
  • Ukraina tersingkir setelah finis di posisi juru kunci klasemen Grup E karena tumpulnya Artem Dovbyk.

Euro 2024 telah menyelesaikan fase grup. Sebanyak 16 dari 24 negara peserta berhasil melanjutkan perjalanan ke babak gugur. Sejauh ini, tak banyak kejutan berarti yang tercipta. Sebagian besar tim yang lolos memang sejak awal diunggulkan untuk melaju. Namun, tak semua prediksi umum para pengamat telah terbukti tepat.

Misalnya, beberapa pemain yang diramalkan bakal tampil tajam belum menunjukkan tajinya di fase grup. Itu termasuk tiga pemain yang berstatus top skor liga top Eropa 2023/2024. Mereka gagal membuat banyak gol, bahkan ada yang sudah tersingkir bersama negaranya. Berikut catatan ketajaman mereka di fase grup.

1. Harry Kane sang top skor Bundesliga Jerman 2023/2024 hanya mencetak satu gol di Grup C

3 Top Skor Liga Top Eropa 2023/2024 Tumpul di Fase Grup Euro 2024Harry Kane (instagram.com/harrykane)

Pertama, ada Harry Kane, striker Inggris berstatus top skor Bundesliga Jerman 2023/2024. Kane datang ke Euro 2024 sambil membawa harapan besar publik sepak bola Inggris. Selain baru jadi top skor Bundesliga, Kane juga adalah pemain tersubur sepanjang masa Timnas Inggris. Plus, ia juga tajam pada gelaran Euro 2020 lalu dengan torehan empat gol.

Sayangnya, kegarangan Kane belum tampak di fase grup Euro 2024. Ia selalu jadi starter dalam tiga partai Grup C, tetapi baru sekali menjebol gawang lawan. Gol Kane tercipta ke gawang Denmark pada matchday kedua. Sialnya, gol tersebut pun gagal membawa Inggris menang karena Denmark sukses memaksakan hasil imbang.

Timnas Inggris sendiri memang secara umum mandul di fase grup Euro 2024. The Three Lions hanya membuat dua gol, salah satunya ciptaan Jude Bellingham. Beruntung, pertahanan kokoh menghindarkan mereka dari kekalahan. Sebagai kapten, Kane sukses memimpin Inggris melaju sebagai juara grup meski prosesnya kurang meyakinkan.

Baca Juga: 5 Pemain Depan Inggris Masih Nihil Gol di Fase Grup Euro 2024

2. Kylian Mbappe akhirnya membuat gol perdananya di Euro via tendangan penalti

3 Top Skor Liga Top Eropa 2023/2024 Tumpul di Fase Grup Euro 2024Kylian Mbappe (instagram.com/k.mbappe)

Timnas Prancis juga masih mandul di fase grup Euro 2024. Seperti Inggris, Les Blues hanya membuat 2 gol dalam 3 partai grup. Gol-gol Prancis bahkan hanya tercipta via gol bunuh diri lawan dan tendangan penalti. Hanya satu pemain Prancis yang sukses mencatatkan namanya di papan skor, yaitu Kylian Mbappe.

Gol Mbappe tercipta pada laga terakhir grup kontra Polandia. Ia mengeksekusi penalti yang didapat Prancis usai Ousmane Dembele dilanggar di kotak terlarang. Gol tersebut memang gagal menghasilkan kemenangan bagi Prancis. Namun, bagi Mbappe, itu adalah torehan spesial karena merupakan gol pertamanya di Euro.

Sebelumnya, Mbappe mandul di Euro 2020 meski tampil dalam empat pertandingan. Ia juga gagal bikin gol di matchday pertama Euro 2024 kontra Austria. Rekor itu adalah anomali mengingat rekor Mbappe yang luar biasa di Piala Dunia. Dalam 14 penampilannya di Piala Dunia, Mbappe sukses membuat 12 gol.

Selain itu, Mbappe datang ke Euro 2024 sebagai top skor Ligue 1 Prancis 2023/2024. Itu adalah gelar top skor keenam baginya alias rekor terbanyak dalam sejarah Ligue 1. Kini, setelah pecah telur, Mbappe diharapkan bakal menemukan performa terbaik di Euro 2024. Ia menjadi harapan Prancis karena para penyerang mereka yang lain pun masih tumpul.

3. Artem Dovbyk mandul dan gagal meloloskan Ukraina ke fase knockout

3 Top Skor Liga Top Eropa 2023/2024 Tumpul di Fase Grup Euro 2024Artem Dovbyk (instagram.com/gironafc)

Artem Dovbyk malah gagal mencetak satu gol pun di Euro 2024. Padahal, striker Ukraina itu datang dengan status top skor LaLiga Primera Spanyol 2023/2024. Ia pun menjadi pemain Ukraina pertama yang meraih gelar tersebut. Ketajaman Dovbyk juga membawa Girona FC finis di tiga besar LaLiga.

Wajar jika Dovbyk diharapkan bisa jadi tumpuan Timnas Ukraina untuk mendulang gol di Euro 2024. Apa daya, harapan itu tak terwujud. Dovbyk selalu tampil sebagai starter dalam tiga partai yang dilakoni Ukraina di Grup E. Namun, ia gagal menciptakan gol maupun assist bagi negaranya.

Dovbyk bukannya tak berupaya untuk menciptakan gol di Euro 2024. Dalam 3 laga, ia membuat 6 tembakan, salah satu jumlah terbanyak dibanding rekan-rekannya. Namun, jangankan menjadi gol, sepakan Dovbyk justru tak ada yang tepat sasaran.

Tumpulnya Dovbyk pada akhirnya berakibat fatal bagi Ukraina. Mereka tersingkir usai finis di posisi juru kunci klasemen Grup E. Ukraina memang mengoleksi empat poin, sama dengan tiga tim lain. Namun, mereka punya selisih gol terburuk dengan torehan hanya 2 gol dan kemasukan 4 gol.

Artem Dovbyk sudah pulang dari Euro 2024 akibat tumpul di fase grup. Sementara, Harry Kane dan Kylian Mbappe masih bertahan, tetapi mereka juga perlu lekas berbenah. Ketajaman mereka harus muncul di fase knockout jika tak ingin bernasib sama seperti Dovbyk.

Baca Juga: 3 Pemain Manchester United yang Bikin Gol di Fase Grup Euro 2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya